PENGARUH INFLASI, SBI DAN KURS RUPIAH ATAS DOLAR AMERIKA SERIKAT TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN DI BURSA EFEK INDONESIA

  • Mirwansyah Putra Ritonga Universitas Imelda Medan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis berapa besar faktor-faktor makro ekonomi yaitu inflasi, SBI dan kurs rupiah atas dolar AS terhadap harga saham di perusahaan pertambangan yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia pada tahun 2014-2018. Dalam penelitian ini, pendekatan yang dilakukan adalah menggunakan pendekatan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) yang berjumlah 37 perusahaan. Sedangkan sampel yang memenuhi syarat dalam penarikan sampel untuk penelitian ini adalah berjumlah 8 perusahaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa inflasi berpengaruh positif dengan nilai koefisien 0,097 terhadap harga saham. sedangkan SBI dan kurs berpengaruh negatif terhadap harga saham dengan nilai koefisien masing-masing -0,128 dan -0,154. Dibandingkan pengaruhnya secara langsung, secara tidak langsung inflasi dan SBI memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap harga saham dengan intervensi dari variabel kurs dengan nilai koefisien masing-masing yaitu 0,153 dan -0,252. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa hanya kurs yang memiliki pengaruh signifikan terhadap harga saham dengan nilai Sig.=0,040< α 0,050 pada tabel korelasi. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa hanya kurs yang memiliki pengaruh yang signifikan terhadap harga saham, sedangkan inflasi dan SBI memiliki pengaruh terhadap harga saham namun tidak signfikan. Inflasi dan SBI juga memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap harga saham jika ada intervensi dari variabel kurs.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-01-02
How to Cite
RITONGA, Mirwansyah Putra. PENGARUH INFLASI, SBI DAN KURS RUPIAH ATAS DOLAR AMERIKA SERIKAT TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN DI BURSA EFEK INDONESIA. JUMANT, [S.l.], v. 12, n. 2, p. 160-169, jan. 2021. ISSN 2088-3145. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/JUMANT/article/view/1103>. Date accessed: 26 apr. 2024.
Section
Articles