ANALISIS DAMPAK MOTIVASI KERJA DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI DINAS KOPERASI DAN USAHA KECIL DAN MENENGAH (UKM) PROVINSI SUMATERA UTARA

  • Akman Daulay Universitas Al-Azhar Medan
  • Eka Umi Kalsum Universitas Al-Azhar Medan

Abstract

Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Provinsi Sumatera Utara merupakan Satuan Kerja Perangkat Daerah Provinsi Sumatera Utara yang berperanan sebagai penyelenggara tugas dan urusan pemerintah di bidang koperasi dan usaha kecil menengah yang bertujuan memberdayakan koperasi dan usaha mikro, kecil dan menengah di Sumatera Utara. Dinas Koperasi dan UKM membutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas dalam rangka mendukung dan mewujudkan tujuan organisasi. Metode yang digunakan dengan pendekatan survey, jenis penelitian adalah deskriptif kuantitatif, dan sifat penelitiannya adalah penjelasan. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, daftar pertanyaan, dan studi dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumatera Utara yang berjumlah 117 orang. Penentuan jumlah sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus Slovin dengan menggunakan taraf kepercayaan sebesar 95%, maka jumlah sampel sebanyak 91 orang pegawai.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adair, John, 2008. Kepemimpinan yang Memotivasi. Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Alpi, M. F., & Ramadhan, P. R. (2018). Pengaruh karakteristik pemerintah daerah dan temuan audit Badan Pemeriksa Keuangan terhadap kinerja keuangan kabupaten/kota. Jurnal Studi Akuntansi & Keuangan, 2(3), 103-114.
Abadi, Tommy Tyas, 2008. Pengaruh Budaya Organisasi dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Pegawai pada Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual. Tesis. Universitas Indonesia, Jakarta. (Tidak Dipublikasikan).
Anoraga, Pandji, 2004. Manajemen Bisnis. Cetakan Ketiga, Penerbit Rineka Cipta, Jakarta.
Armstrong, Michael, 1994. Performance Management. St.Ives, Devon, Clays Ltd.
Bittel, R. Lester, dan John W. Newstrom, 1996. Pedoman Bagi Penyelia. Penerbit Pustaka Binaman Pressindo, Jakarta.
Djarwanto, 2004. Mengenal Beberapa Uji Statistik dalam Penelitian. Penerbit Liberty. Yogyakarta.
Nasution, D. A. D., & Ramadhan, P. R. (2019). Pengaruh Implementasi E-Budgeting Terhadap Transparansi Keuangan Daerah Di Indonesia. E-Jurnal Akuntansi, 28(1), 669-693.
Ghozali, Imam, 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.
Gibson, James L, Ivancevich, John M, dan Donelly Jr, James H., 1999. Organisasi dan Manajemen. Alih Bahasa: Djoerban Wahid. Edisi Keempat. Penerbit Erlangga, Jakarta.
Hamalik, Oemar, 2000. Psikologi Manajemen. Penerbit Triganda Karya, Bandung.
Harsey & Blanchard, 1998. Management of Organizational Behaviour. Sixth Edition. Prentice Hall, New York
Published
2021-03-05
How to Cite
DAULAY, Akman; KALSUM, Eka Umi. ANALISIS DAMPAK MOTIVASI KERJA DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI DINAS KOPERASI DAN USAHA KECIL DAN MENENGAH (UKM) PROVINSI SUMATERA UTARA. JUMANT, [S.l.], v. 12, n. 2, p. 201-207, mar. 2021. ISSN 2088-3145. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/JUMANT/article/view/1166>. Date accessed: 16 apr. 2024.
Section
Articles