PENGARUH LOCUS OF CONTROL INTERNAL DAN LOCUS OF CONTROL EKSTERNAL TERHADAP KEPUASAN KERJA PADA KANTOR DIREKSI PT SOCFIN INDONESIA MEDAN

  • Darmilisani Darmilisani Universitas Pembangunan Panca Budi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh locus of control internal dan locus of control eksternal terhadap kepuasan kerja pada PT Socfin Indonesia Medan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksplanasi, yaitu penelitian dapat dikaji menurut tingkatannya yang didasarkan kepada tujuan dan objek-objeknya. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan di seluruh bahagian pada PT Socfin Indonesia Medan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner, wawancara dan studi dokumentasi. Data diproses dengan menggunakan SPSS 20.0 for windows. Metode analisis data menggunakan metode deskriptif dan metode kuantitatif yaitu dengan analisis Regresi Linear Berganda. Berdasarkan uji F variabel bebas (locus of control internal dan eksternal) secara bersama-sama memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel terikat (kepuasan kerja karyawan). Melalui pengujian koefisien korelasi (R) diperoleh bahwa tingkat korelasi atau hubungan antara locus of control internal dan eksternal terhadap kepuasan kerja karyawan merupakan hubungan yang erat. Locus of control eksternal merupakan faktor yang paling dominan mempengaruhi kepuasan kerja karyawan PT Socfin Indonesia Medan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anoraga, Pandji. 2007. Pengantar Bisnis, Cetakan Pertama, Rineka Cipta, Jakarta.
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek, Rhineke Cipta, Jakarta
As’ad, Muh. 2002. Seri Ilmu Sumber Daya Manusia: Psikologi Industri, Liberty, Yogyakarta.
Handoko, T. H. 2008. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia, BPFE, Yogyakarta.
Hariandja, Marihot Tua Efendi. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia, Grasindo, Jakarta.
Hasibuan, Malayu. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi revisi, Bumi Aksara, Jakarta.
Kuncoro, Mudrajat. 2003. Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi, Erlangga, Jakarta.
Lestari, A, Rizaldi, A., Djunaidi, A. 2001. Hubungan Kecocokan Tipe Kepribadian dan Model Lingkungan Kerja Konvensional dengan Kepuasan Kerja Karyawan Administrasi PT. KTSM. Jurnal Psikologi Volume 7 No.1, Fakultas Psikologi Universitas Padjajaran, Bandung.
Martoyo, S. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Keempat, BPFE, Yogyakarta.
Menezei, A, Alvaro. 2008. Analisis Dampak Locus Of Control Terhadap Kinerja dan Kepuasan Kerja Internal Auditor, Skripsi Universitas Diponegoro, Semarang.
Munandar, A. S. 2008. Psikologi Industri dan Organisasi, Penerbit Universitas Indonesia, Jakarta.
Nugroho, Bhuono Agung. 2005. Strategi Jitu Memilih Metode Statistik Penelitian dengan SPSS,Yogyakarta.
Rahmad, Ihsan, dan Jaya, Danta E. 2007. Burnout Ditinjau dari Locus of Control Internal dan eksternal, Jurnal, Fakultas Psikologi USU, Medan.
Rivai, V. & Sagala, E, J. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan: Dari Teori ke Praktik, Edisi Kedua, Grafindo Persada, Jakarta.
Robbins, Stephen P dan Coulter, Mery. 2010. Manajemen, Edisi Kesepuluh, Aksara Pratama, Jakarta.
Robbins, Stephen P dan Timothy A. Judge. 2008. Perilaku Organisasi. Edisi Duabelas, Jakarta: Salemba Empat.
Sigiro, SP, dan Suyono, Juko. 2005. Analisis Perbedaan Tingkat Kepuasan Kerja Ditinjau dari Locus of Control, Tipe Kepribadian, dan Self Efficecy, Jurnal, Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret, Surakarta.
Situmorang, Syafrizal Helmi, iskandar M, Dja’far, Fadli, Syarief. 2010. Analisis Data untuk Riset Manajemen Bisnis, Cetakan Pertama, USU Press, Medan.
Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Bisnis, Alfabeta, Bandung.
Umar, Husein. 2008. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis, Grafindo persada, Jakarta.
Yuli,Cantika. 2005.Manajemen Sumber Daya Manusia, cetakan pertama, UMM Press, Malang.
Published
2021-07-21
How to Cite
DARMILISANI, Darmilisani. PENGARUH LOCUS OF CONTROL INTERNAL DAN LOCUS OF CONTROL EKSTERNAL TERHADAP KEPUASAN KERJA PADA KANTOR DIREKSI PT SOCFIN INDONESIA MEDAN. JUMANT, [S.l.], v. 13, n. 1, p. 1-14, july 2021. ISSN 2088-3145. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/JUMANT/article/view/3875>. Date accessed: 23 apr. 2024.
Section
Articles