PENGARUH KEPEMIMPINAN, STRES KERJA DAN KONFLIK KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA SERTA DAMPAKNYA KEPADA KINERJA PEGAWAI SEKRETARIAT DPRD PROVINSI SUMATERA UTARA

Ahmad Aswan Waruwu;

  • Ahmad Aswan Waruwu

Abstract

Penelitian ini mengkaji pengaruh kepemimpinan, stres kerja, dan konflik kerja terhadap kepuasan kerja dan kinerja pegawai, serta mengkaji efek mediasi dari variabel kepuasan kerja. Sampel dalam penelitian ini adalah 129 orang pegawai Sekretariat DPRD Provinsi Sumatera Utara. Alat analisis yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis) dengan metode SEM (structural equation modelling) menggunkan AMOS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan dan kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai, dan kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja, serta stres kerja dan konflik kerja tidak berpengaruh terhadap kepuasan dan kinerja pegawai, variabel kepuasan kerja memediasi variabel kepemimpinan dengan variabel kinerja secara parsial.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-12-11
How to Cite
, Ahmad Aswan Waruwu. PENGARUH KEPEMIMPINAN, STRES KERJA DAN KONFLIK KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA SERTA DAMPAKNYA KEPADA KINERJA PEGAWAI SEKRETARIAT DPRD PROVINSI SUMATERA UTARA. JUMANT, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 1-14, dec. 2018. ISSN 2088-3145. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/JUMANT/article/view/389>. Date accessed: 28 mar. 2024.