PENGARUH MINAT BELAJAR DAN JAM BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi Kasus: SMAN 1 Pangururan)

Mesra B;

  • Mesra B

Abstract

Tujuan utama setiap siswa untuk mengukur kemampuannya dalam proses belajar mengajar disekolah adalah prestasi belajar. Untuk meningkatkan prestasi belajar banyak faktor yang mempengaruhi, diantaranya adalah minat belajar dan jam belajar. Hambatan yang sering terjadi untuk meningkatkan prestasi belajar adalah kurangnya kesadaran siswa tentang minat belajar yang kurang dan sedikitnya jam belajar yang digunakan diluar kelas. Hal ini dapat menghambat peningkatan prestasi belajar dalam keberhasilannya. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Mengetahui pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi di siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Pangururan, Kabupaten Samosir, (2) Mengetahui pengaruh Jam belajar terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi di siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Pangururan, Kabupaten Samosir. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPS di SMA Negeri Pangururan Samosir berjumlah 108 siswa. Pengambilan sampel menggunakan metode secara acak random sampling berjumlah 36 siswa. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah data primer dan data sekuder. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis pengujian minat belajar dan jam belajar terhadap prestasi belajar siswa XII IPS di SMA Negeri 1 Pangururan Samosir, dapat disimpulkan bahwa minat belajar dan jam belajar terhadap prestasi belajar siswa XII IPS di SMA Negeri Pangururan Samosir sebesar 56,2%, sedangkan sisanya 43,8% dipengaruhi oleh faktor lain diluar variabel yang diteliti.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-12-11
How to Cite
, Mesra B. PENGARUH MINAT BELAJAR DAN JAM BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi Kasus: SMAN 1 Pangururan). JUMANT, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 31-38, dec. 2018. ISSN 2088-3145. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/JUMANT/article/view/391>. Date accessed: 19 apr. 2024.