ANALISIS ECONOMIC VALUE ADDED DAN PROFITABILITAS TERHADAP HARGA SAHAM OTOMOTIF DI BURSA EFEK INDONESIA

Zainal, A. T; Irawan;

  • Irawan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan dan menganalisis ada tidaknya pengaruh Economic Value Added (EVA) dan profitabilitas (ROE) terhadap harga saham perusahaan Otomotif di BEI. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian asosiatif merupakan penelitian untuk mengetahui pengaruh antara variabel bebas dengan variabel terikatnya. Sampel penelitian ini adalah perusahaan Otomotif yang berjumlah 12 perusahaan. Untuk membuktikan hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini menggunakan
alat statistik regresi linier berganda dengan pengujian secara parsial (uji t) dan pengujian secara simultan (uji F). Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, dapat dibuktikan bahwa secara parsial variabel EVA  berpengaruh signifikan terhadap Harga Saham, sedangkan ROE tidak berpengaruh signifikan terhadap Harga Saham. Hasil penelitian ini juga membuktikan bahwa EVA dan ROE secara bersama-sama tidak berpengaruh signifikan terhadap Harga Saham. Nilai koefesien determinasi sebesar 0.099 menunjukan bahwa EVA dan ROE menjelaskan pengaruhnya terhadap Harga Saham pada perusahaan Otomotif di BEI sebesar 9.9%. Sedangkan sisanya sebesar 90.1% merupakan pengaruh dari variabel bebas lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-12-11
How to Cite
, Irawan. ANALISIS ECONOMIC VALUE ADDED DAN PROFITABILITAS TERHADAP HARGA SAHAM OTOMOTIF DI BURSA EFEK INDONESIA. JUMANT, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 97-108, dec. 2018. ISSN 2088-3145. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/JUMANT/article/view/397>. Date accessed: 28 mar. 2024.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>