ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT INALUM (PERSERO)

JOKO SUSILO, ANWAR ADNALIN;

  • Joko Susilo

Abstract

Perkembangan teknologi informasi pada saat ini memberikan perubahan besar dalam kehidupan manusia, termasuk penerapannya di suatu perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi pemanfaatan teknologi informasi di PT Indonesia Asahan Aluminium / PT Inalum) (persero) dengan menggunakan model konseptual yang diajukan oleh Thompson et al (1991) untuk menguji faktor sosial, affect, kompleksitas, kesesuaian tugas teknologi, konsekuensi jangka panjang, dan kondisi yang memfasilitasi, dan juga menggunakan konseptual Venkatesh et al., (2003) untuk menguji faktor minat
pemanfaatan sistem teknologi informasi, dan juga menggunakan konseptual Lee et al., (2003) untuk menguji faktor dukungan manajemen. Kemudian menguji pengaruh pemanfaatan teknologi informasi terhadap kinerja karyawan menggunakan konsep yang dikembangkan oleh Goodhue & Thompson (1995). Pengujian ini dilakukan karena teknologi informasi telah lama diterapkan di PT Indonesia Asahan Aluminium/PT Inalum (Persero) namun belum berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawannya, dan adanya ketidakkonsistenan hasil penelitian sebelumnya. Data yang digunakan pada penelitian ini diperoleh dari persepsi individu pengguna teknologi informasi di PT Inalum (Persero) Kuala Tanjung Kabupaten Batu Bara. Data dikumpulkan sebanyak 190 kuesioner dari responden. Analisis data untuk menganalisa pengaruh langsung dan tidak langsung dari faktor-faktor yang mempengaruhi pemanfaatan teknologi informasi terhadap kinerja karyawan dilakukan dengan menggunakan teknik Multivariate Structural Equation Modelling (SEM) dengan software AMOS dan SPSS versi 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor affect, kesesuaian tugas teknologi, konsekuensi jangka panjang, minat pemanfaatan TI, serta dukungan manajemen berpengaruh positif dan signifikan terhadap pemanfaatan teknologi informasi, sedangkan faktor kompleksitas berpengaruh negatif dan signifikan terhadap pemanfaatan teknologi informasi, faktor sosial berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap pemanfaatan teknologi informasi, serta kondisi yang memfasilitasi berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap pemanfaatan teknologi informasi. Pemanfaatan teknologi informasi berpengaruh positif d a n signifikan terhadap kinerja karyawan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-05-27
How to Cite
, Joko Susilo. ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT INALUM (PERSERO). JUMANT, [S.l.], v. 11, n. 1, p. 117-138, may 2019. ISSN 2088-3145. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/JUMANT/article/view/508>. Date accessed: 25 apr. 2024.