IBU RUMAH TANGGA DAN KONTRIBUSINYA DALAM MEMBANTU PEREKONOMIAN KELUARGA DI KECAMATAN HAMPARAN PERAK KABUPATEN DELI SERDANG

MESRA B;

  • Mesra B

Abstract

Sosok ibu rumah tangga tidak saja berperan sebagai ibu rumah tangga semata tetapi juga sebagai penopang kehidupan keluarga karena keikutsertaan ibu rumah tangga dalam membantu perekonomian keluarga. Keterlibatannya dalam membantu perekonomian keluarga dengan berbagai jenis usaha menurut kemampuan yang mereka punya dan yang terpenting bagi mereka dapat menghasilkan uang.Adapun tujuan dari penelitian ini adalah memperoleh gambaran tentang peranan ibu rumah tangga dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga dan untuk melihat besarnya kontribusi pendapatan ibu rumah tangga terhadap pendapatan keluarga di Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu metode deskriptif dan perhitungan persentase kontribusi pendapatan ibu rumah tangga terhadap pendapatan keluarga.Berdasarkan hasil penelitian maka diperoleh hasil bahwa ibu rumah tangga sebagian besar bekerja sebagai asisten rumah tangga dengan besarnya tingkat penghasilan dibawah UMK Deli Serdang dan besarnya kontribusi pendapatan ibu rumah tangga terhadap pendapatan keluarga sebear 32,72% karena selain bekerja di luar rumah ibu rumah tangga disini tetap menjalankan kodratnya sebagai wanita yaitu mengurus rumah tangga dan mengasuh anak-anaknya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-05-27
How to Cite
, Mesra B. IBU RUMAH TANGGA DAN KONTRIBUSINYA DALAM MEMBANTU PEREKONOMIAN KELUARGA DI KECAMATAN HAMPARAN PERAK KABUPATEN DELI SERDANG. JUMANT, [S.l.], v. 11, n. 1, p. 139-150, may 2019. ISSN 2088-3145. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/JUMANT/article/view/509>. Date accessed: 24 apr. 2024.