PENGARUH PROFITABILITAS, GROWTH OPPORTUNITY DAN STUKTUR MODAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2013-2017

RAMADHAN HARAHAP;

  • Ramadhan Harahap

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Profitabilitas, Growth Opportunity, dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2017. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah Nilai Perusahaan yang diukur dengan PBV. Variabel independen dalam penelitian ini adalah Profitabilitas yang diukur dengan ROE, Growth Opportunity yang diukur dengan IOS (Investment Oportunity Set) dan Struktur Modal yang diukur dengan DER. Populasi perusahaan manufaktur sebanyak 149 perusahaan. Pengumpulan data menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 30 perusahaan. Analisis data menggunakan metode regresi panel dengan sofware Eviews for windows versi 10.0. Hasil penelitian dalam uji t menunjukkan bahwa Profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan, Growth Opportunity tidak berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan, dan Struktur Modal berpengaruh signifikan terhadap ROE. Sedangkan hasil penelitian dalam uji F menunjukkan bahwa Profitabilitas, Growth Opportunity, dan Struktur Modal secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan (PBV).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-05-27
How to Cite
, Ramadhan Harahap. PENGARUH PROFITABILITAS, GROWTH OPPORTUNITY DAN STUKTUR MODAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2013-2017. JUMANT, [S.l.], v. 11, n. 1, p. 175-188, may 2019. ISSN 2088-3145. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/JUMANT/article/view/512>. Date accessed: 25 apr. 2024.