KAJIAN DESTINASI WISATA HALAL KOTA MEDAN DALAM PERSEPSI PEMASARAN WISATA

Miftah El Fikri; Dewi Nurmasari Pane;

  • Miftah El Fikri

Abstract

Wisata merupakan industri yang paling menjanjikan di masa depan, di mana setiap negara berlomba memperbaiki serta menginvestasikan destinasi wisatanya menjadi lebih baik dan memiliki ciri khas yang dapat dinikmati oleh seluruh wisatawan. Keanekaragaman daerah asal para wisatawan menjadi dasar persepsi, ketika berkunjung ke Kota Medan. Kota Medan adalah ibukota Provinsi Sumatera Utara yang mayoritas penduduknya beragama islam, tetapi kurang mencerminkan suasana islam dalam aktivitasnya. Wisata halal menjadi dasar bagi para wisatawan yang beragama islam untuk berkunjung, paradigma yang muncul dan terbentuk di benak para wisatawan membuat Kota Medan menjadi kota yang kurang ramah
akan suasana halal. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki paragdigma Kota Medan agar menjadi kota yang ramah wisatawan muslim, dengan memberikan strategi pemasaran yang bersifat strategis dan teknis agar dapat dilakukan dengan baik ke depannya. Pada penelitian ini juga ditemukan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi kunjungan ke destinasi wisata adalah; ciri khas, suasana, pengalaman, akomodasi, infrastruktur, transportasi, persepsi, komunikasi, promosi dan keamanan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-05-27
How to Cite
, Miftah El Fikri. KAJIAN DESTINASI WISATA HALAL KOTA MEDAN DALAM PERSEPSI PEMASARAN WISATA. JUMANT, [S.l.], v. 11, n. 1, p. 263-270, may 2019. ISSN 2088-3145. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/JUMANT/article/view/518>. Date accessed: 28 mar. 2024.