PENGEMBANGAN OBYEK DAN DAYA TARIK WISATA ALAM SEBAGAI DAERAH TUJUAN WISATA DI KABUPATEN DELISERDANG KECAMATAN STM HILIR (Studi Kasus Obyek Wisata Pemandian Air Panas dan Goa Penen)

Rianto Manurung;

  • Rianto Manurung

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan dan penelitian Air Panas dan Goa Penen terlihat dari perspektif pengembang dan turis, faktor-faktor yang mendukung dan juga dampak dari Air Panas dan Goa Penen berkembang sebagai pariwisata di Kabupaten Deli Serdang. Penelitian ini menggunakan teori Pratices social dari Bourdieu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber Data dari wawancara dengan informan dan dokumen terkait. Teknik sampling menggunakan sampel Jenuh. Menggunakan teknik pengumpulan Data observasi, wawancara dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi sumber. Analisa Data menggunakan model interaktif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan Pengembangan Air Panas dan Goa Penen telah meningkatkan kualitas pengelolaan pariwisata dan layanan, ditandai dengan peningkatan jumlah kunjungan wisatawan ke Air Panas dan Goa Penen. Perkembangan Objek wisata Air Panas dan Goa Penen juga disertai dengan habitat masyarakat Desa Penen dari partisipasinya sebagai pariwisata menjual makanan di daerah pariwisata, mengelola parkir area dan karyawan di objek wisata Air Panas dan Goa Penen dengan menggunakan ekonomi modal, modal sosial, modal budaya dan modal simbolis. Keikutsertaan masyarakat Desa Penen untuk mengembangkan pariwisata dapat dilihat dalam keputusan yang mereka perjuangkan sebagai daerah wisata, dalam produksi praktis bahwa mereka dapat mendukung kegiatan Pengembangan Air Panas dan Goa Penen dan juga dalam meningkatkan kemakmuran dan kualitas hidup masyarakat lokal.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-12-05
How to Cite
, Rianto Manurung. PENGEMBANGAN OBYEK DAN DAYA TARIK WISATA ALAM SEBAGAI DAERAH TUJUAN WISATA DI KABUPATEN DELISERDANG KECAMATAN STM HILIR (Studi Kasus Obyek Wisata Pemandian Air Panas dan Goa Penen). JUMANT, [S.l.], v. 11, n. 2, p. 117-125, dec. 2019. ISSN 2088-3145. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/JUMANT/article/view/697>. Date accessed: 19 apr. 2024.