PEMBERDAYAAN SUMBER DAYA PEREMPUAN UNTUK MENINGKATKAN EKONOMI KELUARGA MELALUI KETERAMPILAN PENGOLAHAN WAJIK ANEKA RASA DI DESA KLAMBIR LIMA

Sri Rahayu; Harianto;

  • Sri Rahayu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan bagaimana pemberdayaan sumber daya perempuan dalam meningkatkan ekonomi keluarga melalui Keterampilan olahan wajik aneka rasa. 2) Mendeskripsikan hasil pemberdayaan sumber daya perempuan untuk meningkatkan ekonomi keluarga. 3) Mengetahui faktor-faktor apa saja yang mendukung dan menghambat keterampilan olahan wajik aneka rasa dalam memberdayakan sumber daya perempuan untuk meningkatkan ekonomi keluarga. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah ibu-ibu rumah tangga. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti merupakan instrumen utama dalam penelitian dengan dibantu pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan program pemberdayaan sumber daya perempuan dalam meningkatkan ekonomi keluarga meliputi beberapa tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. 2) Hasil yang dicapai meliputi beberapa aspek yaitu: aspek pengetahuan dan aspek ekonomi. Aspek pengetahuan ditandai dengan kepememilikan keterampilan serta wawasan di bidang kewirausahaan dalam mengolah wajik menjadi wajik aneka rasa. Sedangkan aspek ekonomi ditandai dengan meningkatnya penghasilan penerima program sehingga dapat meningkatkan ekonomi keluarga. 3) Faktor pendukung meliputi faktor internal dan eksternal. Faktor internal berasal dari ibu-ibu rumah tangga yang memiliki tujuan memberdayakan diri. Faktor eksternal berasal dari luar yaitu adanya berbagai dukungan baik dari pemerintah, masyarakat setempat dan juga adanya sumber daya alam yang mendukung. Sedangkan faktor penghambat dalam pelaksanaan program adalah semangat ibu-ibu rumah tangga yang pasang surut dan kesulitan pada pemasaran produk hasil olahan untuk menembus pasaran daerah.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-12-05
How to Cite
, Sri Rahayu. PEMBERDAYAAN SUMBER DAYA PEREMPUAN UNTUK MENINGKATKAN EKONOMI KELUARGA MELALUI KETERAMPILAN PENGOLAHAN WAJIK ANEKA RASA DI DESA KLAMBIR LIMA. JUMANT, [S.l.], v. 11, n. 2, p. 155-170, dec. 2019. ISSN 2088-3145. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/JUMANT/article/view/701>. Date accessed: 29 mar. 2024.