PENGARUH BEBAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI HOUSEKEEPING DEPARTEMENT PADA HOTEL BINTAN LAGOON RESORT

Yana Diana;

  • Yana Diana

Abstract

Housekeeping Departement merupakan salah satu bagian yang ada di dalam hotel yang menangani hal-hal terkait dengan keindahan, kerapian, kebersihan, kelengkapan seluruh kamar juga seluruh areal umum lainnya agar seluruh tamu dan karyawan dapat merasa aman dan nyaman di dalam hotel. Karyawan yang bertugas yang menjaga, merawat, membersihkan, serta merapikan kamar-kamar tamu agar menjadi bersih, indah, dan nyaman disebut dengan dengan room attendant. Room attendant mempunyai kontribusi yang sangat besar untuk meningkatkan image hotel secara keseluruhan. Bila beban kerja terlalu tinggi maka kinerja karyawan departemen tatagraha akan berdampak negatif pada turunnya tingkat hunian kamar hotel.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui beban kerja karyawan di departmen tatagraha pada hotel Bintan Lagoon Resort. Metode penelitian yang digunakan penulis yaitu metodologi deskriptif analisis, yaitu suatu metode penelitian yang bertujuan untuk mengumpulkan, menyajikan, dan menganalisis data agar dapat memberikan gambaran yang jelas mengenai objek yang akan diteliti sehingga dapat disimpulkan.. Berdasarkan hasil perhitungan Korelasi Product Moment diperoleh nilai rxy sebesar 0,74 menunjukkan bahwa kedua variabel pada penelitian ini memiliki tingkat hubungan yang kuat artinya beban kerja mempunyai hubungan yang kuat terhadap kinerja karyawan. Berdasarkan perhitungan Koefisien Determinan diperoleh sebesar 54,76%, hal ini menunjukkan bahwa beban kerja memberikan pengaruh
sebesar 54,76% terhadap kinerja karyawan dan sisanya 45,24% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas pada penelitian ini. Hasil perhitungan t-test diperoleh t hitung sebesar 9,724 lebih besar dari t-tabel sebesar 3,420 , dapat dinyatakan bahwa beban kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan, sehingga hipotesis yang dikemukakan penulis dapat diterima. Hasil penelitian diharapkan dapat menjadi pertimbangan bagi manajer hotel dalam menentukan beban kerja karyawan, sehingga kinerja karyawan menjadi meningkat dan akan berpengaruh terhadap kepuasan tamu di hotel.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-12-05
How to Cite
, Yana Diana. PENGARUH BEBAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI HOUSEKEEPING DEPARTEMENT PADA HOTEL BINTAN LAGOON RESORT. JUMANT, [S.l.], v. 11, n. 2, p. 193-206, dec. 2019. ISSN 2088-3145. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/JUMANT/article/view/704>. Date accessed: 23 apr. 2024.