PENGARUH SISTEM PELAKSANAAN PENGADAAN BARANG/JASA DAN KOMPETENSI TERHADAP KINERJA PEGAWAI BAGIAN PENGADAAN BARANG/JASA DI PDAM TIRTANADI PROPINSI SUMATERA UTARA

Halimatussa’diah;

  • Halimatussa’diah Halimatussa’diah Program Studi Manajemen, Fakultas Sosial Sains, Universitas Pembangunan Panca Budi

Abstract

Keberhasilan dalam menjalankan operasional perusahaan dapat dinilai
berdasarkan hasil kinerja para karyawan perusahaan. Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, proses pengadaan barang/jasa yang dilaksanakan oleh bidang pengadaan barang/jasa, yang berhubungan dengan prosedur, persyaratan, keahlian dan waktu merupakan salah satu upaya pemerintah untuk memperbaiki pelayanan kepada masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh sistem pelaksanaan pengadaan barang/jasa, dan kompetensi terhadap kinerja pegawai bagian pengadaan barang/jasa khususnya di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtanadi Propinsi Sumatera Utara, dengan menitik-beratkan pada sistem pelaksanaan pengadaan barang/jasa yang terdiri dari (perencanaan, analisis, rancangan, penerapan dan penggunaannya) dan kompetensi (motivasi, karakteristik pribadi, konsep diri, pengetahuan dan keterampilan) dari pegawai bagian pengadaan barang/jasa untuk merumuskan kinerjanya. Metode yang digunakan dalam penelitian berdasarkan tingkat eksplanasinya adalah penelitian asosiatif atau hubungan yang dilakukan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih, dengan teknik pengambilan sampel Nonprobability Sampling dengan teknik Purposive Sampling. Proses pengolahan data yang dilakukan dalam penelitian ini dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda antara variabel sistem pelaksanaan pengadaan barang/jasa, kompetensi pegawai, dan kinerja pegawai. Hasil penelitian menunjukkan sistem pelaksanaan pengadaan barang/jasa secara parsial berpengaruh signifikan dan positif terhadap kinerja pegawai, kompetensi pegawai secara parsial berpengaruh signifikan dan positif terhadap kinerja pegawai, dan sistem pelaksanaan pengadaan barang/jasa dan kompetensi pegawai secara simultan berpengaruh signifikan dan positif terhadap kinerja pegawai bagian pengadaan barang/jasa di PDAM Tirtanadi Propinsi Sumatera Utara. Sedangkan nilai adjusted R Square sebesar 0,934 atau 93,4% memberikan penjelasan bahwa variabel penelitian ini mampu menjelaskan tentang variabel kinerja pegawai sebesar 93,4% sedang sisanya sebesar 6,60% dipengaruhi oleh faktor – faktor lain diluar penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-06-12
How to Cite
HALIMATUSSA’DIAH, Halimatussa’diah. PENGARUH SISTEM PELAKSANAAN PENGADAAN BARANG/JASA DAN KOMPETENSI TERHADAP KINERJA PEGAWAI BAGIAN PENGADAAN BARANG/JASA DI PDAM TIRTANADI PROPINSI SUMATERA UTARA. JUMANT, [S.l.], v. 12, n. 1, p. 58-71, june 2020. ISSN 2088-3145. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/JUMANT/article/view/869>. Date accessed: 29 mar. 2024.