PENGARUH PERSEPSI DAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN MASYARAKAT MENJADI MAHASISWA PROGRAM STUDI MANAJEMEN FAKULTAS SOSIAL SAINS DENGAN MOTIVASI

Mira Yosefa Siregar;

  • Mira Yosefa Siregar Program Studi Manajemen, Fakultas Sosial Sains, Universitas Pembangunan Panca Budi

Abstract

Negara Indonesia sangat memerlukan sumber daya manusia dalam jumlah dan mutu yang memadai sebagai pendukung utama dalam pergerakan sistem perekonomian dan pembangunan bangsa, untuk itu pendidikan memiliki peran yang sangat penting dalam memenuhi permintaan dan penawaran sumber daya manusia yang berkualitas dan mampu berdaya saing tinggi. Pendidikan nasional bertujuan untuk mengembangkan segala potensi agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berilmu, berkarakter, cakap, kreatif,mandiri dan mampu menjadi warga Negara yang demokratis dan bertanggung jawab, dalam hal ini tentunya Universitas Pembangunan Panca Budi secara sistematis dapat meningkatkan ilmu melalui proses belajar mengajar guna mencapai tujuan pendidikan nasional dengan tepat. Universitas Pembangunan Panca Budi memiliki misi yang berperan meningkatkan dan menjaga pemanfaatan sumber daya alam dan sumber daya manusia yang berkualitas dalam pengembangan ilmu pengetahuan menjadi sumber daya yang memiliki iman, ilmu dan mempunya karya kerja yang mampu berdaya saing tinggi dunia kerja. Perumusalan masalah dalam penelitian ini adalah sejauh mana pengaruh persepsi dan lingkungan sosial terhadap pengambilan keputusan menjadi mahasiswa program studi manajemen fakultas sosial sains di Universitas Pembangunan Panca Budi dengan motivasi sebagai variabel interveningnya. Penelitian ini menggunakan survey, jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan sifat penelitian ini adalah explanatory research. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat yang berada disekitar jalan jangka medan, kecamatan medan petisah kelurahan sei putih barat yang memiliki anak berusia 18+ tahun yang akan melanjut ke jenjang tingkat S-1 sarjana khususnya di Fakultas Sosial Sains Prodi Manajemen. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah metode non-probability sampling dengan jumlah masyarakat sebanyak 100 orang. Tekhnik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Pengujian hipotesis menggunakan Analsisis Structural Equation Model(SEM). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi dan motivasi adalah faktor yang paling signifikan dalam mempengaruhi masyarakat ketika pengambilan keputusan kuliah di Universitas Pembangunan Panca Budi. Lingkungan sosial tidak terlalu signifikan pengaruhnya terhadap pengambilan keputusan masyarakat untuk kuliah di Universitas Pembangunan Panca Budi melainkan harus melalui motivasi dari mahasiswa itu sendiri.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-06-12
How to Cite
SIREGAR, Mira Yosefa. PENGARUH PERSEPSI DAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN MASYARAKAT MENJADI MAHASISWA PROGRAM STUDI MANAJEMEN FAKULTAS SOSIAL SAINS DENGAN MOTIVASI. JUMANT, [S.l.], v. 12, n. 1, p. 106-115, june 2020. ISSN 2088-3145. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/JUMANT/article/view/872>. Date accessed: 24 apr. 2024.