PENGARUH STRUKTUR AKTIVA, UKURAN PERUSAHAAN DAN PROFITABILITAS TERHADAP STRUKTUR MODAL STUDI PADA PERUSAHAAN MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2013-2018

Ramadhan Harahap;

  • Ramadhan Harahap Program Studi Manajemen, Fakultas Sosial Sains, Universitas Pembangunan Panca Budi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel Struktur Aktiva, Ukuran Perusahaan dan ROA terhadap Struktur Modal. Populasi penelitian ini diperoleh 18 perusahaan yang terseleksi menggunakan purposive sampling dengan kriteria tertentu sebanyak 10 perusahaan. Jenis data yang digunakan pada penelitian ini adalah data kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi dan analisis data menggunakan analisis linear berganda dengan menggunakan uji F dan uji t pada level signifikan 5% dan koefisien determinasi Adjusted R Squaresebesar 16 % perubahan variabel nilai perusahaan (Y) dijelaskan oleh perubahan struktur aktiva,ukuran perusahaan dan ROA sedangkan sisanya 84% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk penelitian ini. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa struktur aktiva berpengaruh signifikan terhadap struktur modal, ukuran perusahan tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap struktur modal dan ROA tidak berpengaruh signifikan terhadap struktur modal. Hasil penelitian secara simultan menunjukkan bahwa struktur aktiva, ukuran perusahaan dan ROA berpengaruh terhadap struktur modal.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-06-12
How to Cite
HARAHAP, Ramadhan. PENGARUH STRUKTUR AKTIVA, UKURAN PERUSAHAAN DAN PROFITABILITAS TERHADAP STRUKTUR MODAL STUDI PADA PERUSAHAAN MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2013-2018. JUMANT, [S.l.], v. 12, n. 1, p. 156-166, june 2020. ISSN 2088-3145. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/JUMANT/article/view/876>. Date accessed: 19 apr. 2024.