ANALISIS RESOURCES BASED VIEW DALAM STRATEGI MENENTUKAN KEUNGGULAN POSISI PROGRAM STUDI MAGISTER ILMU HUKUM UNIVERSITAS PEMBANGUNAN PANCA BUDI MEDAN

Rizal Ahmad;

  • Rizal Ahmad Program Studi Manajemen, Fakultas Sosial Sains, Universitas Pembangunan Panca Budi

Abstract

Persaingan pendidikan tinggi saat ini tidak hanya di level perguruan tinggi melainkan sampai pada level program studi, Hal ini menunjukkan bahwa program studi merupakan unit bisnis dari perguruan tinggi dalam menciptakan keunggulan perguruan tinggi. Untuk meningkatkan jumlah mahasiswa baru, sebuah program studi dituntut memiliki daya tarik dengan memiliki kekuatan sehingga keunggulan posisi program studi di perguruan tinggi menjadi unggul. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keunggulan posisi suatu program studi khususnya Program Studi Magister Ilmu Hukum Universitas Pembangunan Panca Budi Medan, dengan menitik-beratkan pada sumberdaya yang terdiri dari sumberdaya berwujud (keuangan, organisasi, fisik dan teknologi) dan sumberdaya tidak berwujud (manusia, inovasi, reputasi dan budaya organisasi) serta kapabilitas (rencana pengembangan program studi, sumberdaya, mutu akademis, dan dukungan kerjasama) dari program studi untuk merumuskan posisi bersaing. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian survey dengan teknik pengambilan sample adalah probability sampling. Proses pengolahan data yang dilakukan dalam penelitian ini dengan menggunakan analisis jalur dengan struktur hubungan kausal antara variabel kapabilitas, sumberdaya berwujud, sumberdaya tidak berwujud, posisi bersaing dan keunggulan posisi. Hasil penelitian menunjukkan Program Studi Magister Ilmu Hukum UNPAB Medan, dilihat dari sumberdaya berwujud dan tidak berwujud menunjukkan sudah tersedia dengan baik dan kapabilitas program studi tersebut sudah berfungsi dengan baik. Posisi bersaing sudah menunjukkan penawaran nilai terhadap konsumen didalam suatu segmen tertentu, serta keunggulan posisi sudah menunjukkan penciptaan diferensiasi (superior). Hasil penelitian menunjukkan kapabilitas berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap posisi bersaing,  sumberdaya berwujud berpengaruh signifikan dan positif terhadap posisi bersaing, sumberdaya tidak berwujud berpengaruh signifikan dan positif terhadap posisi bersaing, posisi bersaing berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap keunggulan posisi, sumberdaya berwujud berpengaruh signifikan dan positif terhadap keunggulan posisi, dan sumberdaya tidak berwujud berpengaruh signifikan dan positif terhadap keunggulan posisi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-06-12
How to Cite
AHMAD, Rizal. ANALISIS RESOURCES BASED VIEW DALAM STRATEGI MENENTUKAN KEUNGGULAN POSISI PROGRAM STUDI MAGISTER ILMU HUKUM UNIVERSITAS PEMBANGUNAN PANCA BUDI MEDAN. JUMANT, [S.l.], v. 12, n. 1, p. 167-180, june 2020. ISSN 2088-3145. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/JUMANT/article/view/877>. Date accessed: 24 apr. 2024.