STRATEGI PENGELOLAAN BISNIS SYARI’AH PADA INDUSTRI KECIL MENENGAH (IKM) DI TANJUNG BALAI

Samrin; Saparuddin Harahap; Isnaini Harahap;

  • Samrin Samrin Program Studi Manajemen, Fakultas Sosial Sains, Universitas Pembangunan Panca Budi, Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Sumatera Utara
  • Saparuddin Harahap Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Sumatera Utara
  • Isnaini Harahap Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Sumatera Utara

Abstract

Strategi pengelolaan bisnis syari’ah menjadi tema menarik seiring dengan perkembangannya terus meningkat. Terdapat 3 (tiga) model yang berkembang: 1) Sole proprietorships, 2) Partnership , dan 3) Muḍarabah, bentuk kerjasama dimana pemilik modal (shahibul mal) mempercayakan sejumlah modal kepada pengelola (muḍarib) dengan perjanjian di awal. Paper ini menganalisa model pengelolaan bisnis syari’ah yang dikembangkan oleh Industri Kecil Menengah (IKM) sebagai unit usaha dengan pembiayaan prinsip syari’ah. Banyaknya unit usaha ini dapat mempengaruhi model pengelolaan bisnis yang diterapkan, dan model pengelolaan tersebut dapat mempengaruhi hasil usaha yang dijalankan. Dengan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif, penelitian ini menemukan bahwa Industri Kecil Menengah (IKM)  menggunakan beberapa model bisnis sesuai dengan jenis usaha yang dijalankan, yaitu kepemilikan tunggal dan kemitraan serta model kombinasi keduanya. Hasil penelitian menunjukan bahwa analisis perbandingan dalam penerapan model bisnis Syariah hamper sama pada Industri Kecil Menengah (IKM).Pertama, IKM menggunakan beberapa model bisnis, sesuai dengan tipeusaha yang dijalankan. Artinya, tipe dan jenis usaha yang dijalankanmempengaruhi model bisnis yang diterapkan. Tetapi ada satu konsep yangdijadikan dasar pijakan dalam berbisnis, yaitu IKM tidak melulu mencari keuntungan (profit oreinted), namun juga ada nilai manfaat (benefit oreinted).Beberapa fariasi model bisnis yang diterapkan oleh IKM, yaitu: 1) Soleproprietorship. Kedua, model pengelolaan bisnis yang diterapkan perusahaan dapat menentukankeberhasilan sebuah usaha/bisnis. Oleh karena itu menjadi sangatpenting bagi IKM untuk memberikan perhatian pada model pengelolaanbisnis yang dijalankannya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-06-12
How to Cite
SAMRIN, Samrin; HARAHAP, Saparuddin; HARAHAP, Isnaini. STRATEGI PENGELOLAAN BISNIS SYARI’AH PADA INDUSTRI KECIL MENENGAH (IKM) DI TANJUNG BALAI. JUMANT, [S.l.], v. 12, n. 1, p. 198-205, june 2020. ISSN 2088-3145. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/JUMANT/article/view/879>. Date accessed: 20 apr. 2024.