Sistem Pendukung Keputusan untuk Menentukan Menu Makanan Sehat dengan Metode Simple Additive Weighting

Debi Yandra Niska, Syafitri Wulandari, Nova Maya Sari

  • Debi Yandra Niska

Abstract

Makanan merupakan salah satu unsur penting yang mempengaruhi kesehatan. Mengkonsumsi makanan yang sehat akan memberikan dampak positif bagi tubuh, salah satunya dapat terhindar dari berbagai masalah kesehatan. Ketidakpahaman masyarakat mengenai menu makanan sehat mengakibatkan proses
pengambilan keputusan pemilihan menu makanan sehat jarang sekali diperhatikan. Sistem Pendukung
Keputusan (SPK) dapat membantu masyarakat dalam mengambil keputusan, sehingga tidak merasa
ragu-ragu dalam memilih menu, dan informasinya juga lebih akurat. Dalam proses pengolahan data,
sistem ini menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW). Metode SAW digunakan untuk menentukan menu makanan sehat yang tepat berdasarkan kriteria-kriteria serta bobot yang telah ditentukan. Sistem pendukung keputusan untuk menentukan menu makanan sehat menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW) membantu masyarakat dalam menentukan menu makanan yang baik dengan memberi rekomendasi makanan yang sehat bagi masyarakat berupa rangking makanan berdasarkan bobot yang telah ditentukan.

Published
2018-08-06
How to Cite
, Debi Yandra Niska. Sistem Pendukung Keputusan untuk Menentukan Menu Makanan Sehat dengan Metode Simple Additive Weighting. Jurnal Teknik dan Informatika, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 1-5, aug. 2018. ISSN 2089-5941. Available at: <http://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/Juti/article/view/215>. Date accessed: 19 july 2019.
Section
Articles