MEMBANGKITKAN DIGITAL SIGNATURE DENGAN ALGORITMA MD5 DAN ALGORITMA RSA UNTUK MEMASTIKAN KEASLIAN FILE

Arpan, Nova Mayasari;

  • Arpan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjaga keaslian file untuk memberikan jaminan kepada si penerima bahwa data tersebut bebas dari modifikasi yang dilakukan oleh pihak lain. Jika terjadi suatu modifikasi terhadap file tersebut, maka si penerima akan mengetahui bahwa file tersebut sudah tidak lagi terjaga keasliannya,
sehingga penerima file terhindar dari penggunaan data yang salah. Untuk menjaga keaslian data digunakan teknik digital signature dengan menggunakan algoritma MD5 sebagai algoritma fungsi hash untuk menghasilkan message digest, dan algoritma RSA sebagai algoritma kunci publik yang membentuk digital signature dari message digest. Kombinasi dari kedua algoritma tersebut akan menghasilkan digital signature dari setiap file yang dapat memastikan keaslian dari file.

Published
2019-11-29
How to Cite
, Arpan. MEMBANGKITKAN DIGITAL SIGNATURE DENGAN ALGORITMA MD5 DAN ALGORITMA RSA UNTUK MEMASTIKAN KEASLIAN FILE. Jurnal Teknik dan Informatika, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 8-13, nov. 2019. ISSN 2089-5941. Available at: <http://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/Juti/article/view/671>. Date accessed: 01 oct. 2020.
Section
Articles