SISTEM PAKAR UNTUK IDENTIFIKASI PENYAKIT GINJAL MENGGUNAKAN METODE TEOREMA BAYES

Jumanro Gultom, Jijon Raphita Sagala;

  • Jumanro Gultom

Abstract

Ginjal adalah organ penting yang ada dalam tubuh manusia yang berfungsi menjaga racun dan melindungi cairan tubuh. Selain itu ginjal juga bekerja mengolah limbah kotoran yang di hasilkan melalaui proses metabolisme. Ginjal dapat membantu untuk mengontrol proses sel darah merah dengan menghasilkan hormone eritropoletin. Selain itu ginjal membantu memproduksi sel darah merah, dalam merangsang
vitamin D. Penelitian ini bertujuan untuk menyelesaikan teorema bayes dengan menggunakan pemograman web dengan menggunakan php sebagai proses alat bantu untuk mengidentifikasi penyakit ginjal. Dengan aplikasi ini tidak harus menunggu lama untuk mengantisipasi pengobatan secara cepat dan tepat. Cara menggunakan apliaksi ini adalah admin menginputkan beberapa gejala – gejala yang dialami oleh pasien, dan sistem akan mengelolah semua jawaban pasien diberikan kepada sistem, sehingga Metode teorema bayes akan memproses jawaban dan sistem akan mengeluarkan output hasil diagnosa berupa jenis penyakit. Sistem ini dapat membantu pasien dalam mengetahui jenis penyakit yang sedang dirasakan pasien dan sesuai dengan analisa pakar penyakit ginjal.

Published
2019-11-29
How to Cite
, Jumanro Gultom. SISTEM PAKAR UNTUK IDENTIFIKASI PENYAKIT GINJAL MENGGUNAKAN METODE TEOREMA BAYES. Jurnal Teknik dan Informatika, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 54-61, nov. 2019. ISSN 2089-5941. Available at: <http://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/Juti/article/view/679>. Date accessed: 30 sep. 2020.
Section
Articles