ANALISIS IMPLEMENTASI KEWENANGAN KEMENTERIAN DESA, PEMBANGUNAN DAERAH TERTINGGAL DAN TRANSMIGRASI TERHADAP DESA TOMUAN HOLBUNG KECAMATAN BANDAR PASIR MANDOGE KABUPATEN ASAHAN DI ERA OTONOMI DAERAH

Merry Agnes;

  • Merry Agnes

Abstract

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Traansmigrasi memiliki empat program prioritas yang merupakan perwujudan dari perencaanaan Bottom Up, yang mana daalam hal ini, masyarakat desa yang merencanakan dengan berperan aktif dalam melaksanakan pembangunan dan keberlanjutan di desa nya sesuai dengan kebutuhan yang di prioritaskan oleh mereka sendiri. Program ini juga mendapat dukungan dari pemerintah dengan salah satu bentuk dukungannya adalah adanya pendamping desa yang diberikan kepada setiap desa. Tujuan diadakannya pendaampingan desa ini untuk meningkatkan kapasitas, efektivitaas dan akuntabilitas pemerintahan desa dan pembangunan desa. Pembahasaan ini memiliki tujuan untuk mengetahui pentngnya pembangunan desa dengan skala kebutuhan prioritas masyarakat desa pada masa kini. Penelitian menggunakan metode deskripstif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan masyarakat dalam pembangunan pemerintahan desa sangat penting, diketahui bahwa Implementasi Kewenangan di Desa Tomuan Holbung Kecamatan Bandar pasir Mandoge Kabupaten Asahan ini sudah dapat mendukung kebutuhaan desa dan masyarakat desa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-11-06
How to Cite
, Merry Agnes. ANALISIS IMPLEMENTASI KEWENANGAN KEMENTERIAN DESA, PEMBANGUNAN DAERAH TERTINGGAL DAN TRANSMIGRASI TERHADAP DESA TOMUAN HOLBUNG KECAMATAN BANDAR PASIR MANDOGE KABUPATEN ASAHAN DI ERA OTONOMI DAERAH. Jurnal Ilmiah Abdi Ilmu, [S.l.], v. 11, n. 1, p. 134-145, nov. 2018. ISSN 1979-5408. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/abdiilmu/article/view/348>. Date accessed: 19 apr. 2024.