PENGARUH PERPUTARAN PIUTANG DAN PERPUTARAN PERSEDIAAN TERHADAP MARGIN LABA BERSIH PADA PERUSAHAAN MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Widi Hastuti;

  • Widi Hastuti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh perputaran piutang dan perputaran persediaan terhadap margin laba bersih. Penelitian ini dilaksanakan pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Populasi berjumlah sebanyak 15 perusahaan, sedangkan sampel yang memenuhi kriteria hanya 10 perusahaan. Sampel diambil dengan menggunakan metode purposive sampling. Sumber data berasal dari Indonesia Stock Exchange (IDX). Teknik pengujian data dengan menggunakan regresi linier sederhana untuk menguji secara parsial dan regresi linier berganda untuk menguji secara simultan, dengan tingkat signifikansi alpha 5 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik secara parsial maupun secara simultan perputaran piutang dan perputaran persediaan tidak berpengaruh terhadap margin laba bersih.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-01-21
How to Cite
, Widi Hastuti. PENGARUH PERPUTARAN PIUTANG DAN PERPUTARAN PERSEDIAAN TERHADAP MARGIN LABA BERSIH PADA PERUSAHAAN MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. Jurnal Ilmiah Abdi Ilmu, [S.l.], v. 11, n. 2, p. 11-18, jan. 2019. ISSN 1979-5408. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/abdiilmu/article/view/402>. Date accessed: 19 apr. 2024.