PENGARUH LINGKUNGAN KERJA, INSENTIF DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KEPUASAN KERJA GURU PADA PERGURUAN SUDIRMAN BESITANG

Andry Roy PS;

  • Andry Roy PS

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh baik secara parsial dan simultan lingkungan kerja, insentif dan komitmen organisasi terhadap kepuasan kerja guru pada Perguruan Sudirman Besitang. Jenis penelitian ini yaitu kausal atau sebab akibat. Populasi dan sampel yaitu guru tetap yayasan Perguruan Sudirman Besitang dari RA : 6 orang, MI : 10 orang, MTS : 17 orang dan MA : 18. Sehingga jumlah populasi dalam penelitian ini yaitu 51 responden. Kemudian teknik penarikkan sampel menggunakan sampel jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan total 26 pernyataan. Sedangkan analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa insentif dan komitmen organisasi memiliki pengaruh positif dan signifikan  terhadap kepuasan kerja guru. Sedangkan lingkungan kerja hanya berpengaruh positif terhadap kepuasan guru pada Perguruan Sudirman Besitang. Sedangkan secara simulkan lingkungan kerja, insentif dan komitmen organisasi berpengaruh positi f dan signifikan terhadap kepuasan guru pada Perguruan Sudirman Besitang. Kemudian sumbungan kontribusi sebesar 0,372 (37,2%). Sehingga dapat dikatakan bahwa 37,2% variasi variabel terikat yaitu lingkungan kerja, insentif dan komitmen organisasi pada model memiliki kontribusi pada kepuasan kerja pada Perguruan Sudirman Besitang  sedangkan sisanya sebesar 62,8% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-01-21
How to Cite
, Andry Roy PS. PENGARUH LINGKUNGAN KERJA, INSENTIF DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KEPUASAN KERJA GURU PADA PERGURUAN SUDIRMAN BESITANG. Jurnal Ilmiah Abdi Ilmu, [S.l.], v. 11, n. 2, p. 48-62, jan. 2019. ISSN 1979-5408. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/abdiilmu/article/view/406>. Date accessed: 26 apr. 2024.