ANALISIS DAMPAK PENCEMARAN LINGKUNGAN TERHADAP FAKTOR SOSIAL EKONOMI PADA WILAYAH PESISIR DI DESA PAHLAWAN KECAMATAN TANJUNG TIRAM KABUPATEN BATU BARA

Annisa Ilmi Faried Lubis; Diwayana Putri Nasution; Rahmad Sembiring;

  • Annisa Ilmi Faried Lubis

Abstract

Lingkungan yang tercemar akan menyebabkan berbagai macam dampak yang buruk seperti matinya flora dan fauna, keracunan, serta terjadi polusi air, udara dan tanah. Oleh sebab itulah kita harus membuat agar lingkungan yang ditempati oleh masyarakat menjadi asri dan tanpa pencemaran. Penelitian ini untuk menganalisis dampak pencemaran lingkungan terhadap faktor sosial ekonomi pada wilayah pesisir. Untuk mengetahui pencemaran lingkungan yang akan diteliti adalah pada pencemaran air, pencemaran udara dan pencemaran tanah. Sedangkan pada faktor sosial ekonomi yang akan dilihat adalah kualitas hidup, hubungan sosial, tingkat pendidikan, posisi sosial, akses modal, usaha dan teknologi, pendapatan dan pengeluaran. Hasil penelitian mampu mengetahui variabel mana yang diperlukan untuk mengatasi pencemaran lingkungan terhadap faktor sosial ekonomi. Pada kenyataannya, posisi sosial mereka tetap marginal dalam proses transaksi ekonomi yang timpang dan eksploitatif sehingga sebagai pihak produsen, nelayan tidak memperoleh bagian pendapatan yang besar. Pihak yang paling beruntung adalah para pedagang ikan berskala besar atau pedagang perantara. Para pedagang inilah yang sesungguhnya menjadi penguasa ekonomi di desa-desa nelayan. Kondisi demikian terus berlangsung hingga saat ini yang menimpa nelayan tanpa harus mengetahui bagaimana cara mengakhirinya. Hal ini telah melahirkan sejumlah masalah sosial ekonomi yang krusial pada masyarakat nelayan di Desa Pahlawan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-01-21
How to Cite
, Annisa Ilmi Faried Lubis. ANALISIS DAMPAK PENCEMARAN LINGKUNGAN TERHADAP FAKTOR SOSIAL EKONOMI PADA WILAYAH PESISIR DI DESA PAHLAWAN KECAMATAN TANJUNG TIRAM KABUPATEN BATU BARA. Jurnal Ilmiah Abdi Ilmu, [S.l.], v. 11, n. 2, p. 94-116, jan. 2019. ISSN 1979-5408. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/abdiilmu/article/view/411>. Date accessed: 26 apr. 2024.