PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN PENGAWASAN KERJA TERHADAP DISIPLIN PEGAWAI PADA BADAN PENGELOLA PAJAK DAN RETRIBUSI DAERAH UPT MEDAN UTARA

Swanto;

  • Swanto

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan terhadap disiplin pegawai pada Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah UPT Medan Utara, baik secara parsial maupun simultan.  Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan asosiatif. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah daftar pertanyaan (questioner), studi dokumentasi dan wawancara (interview). Dalam penelitian ini objek yang diteliti adalah keseluruhan pegawai pada Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah UPT Medan Utara - Medan yang berjumlah 79 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah 79 orang pegawai Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah UPT Medan Utara. Tehnik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan terlebih dahulu dilakukan uji asumsi kasik, uji t, uji F dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwanya gaya kepemimpinan dan pengawasan berpengaruh positif dan sifnifikan terhadap disiplin kerja pegawai baik secara parsial maupun simultan. Adapun hasil koefisien determinasi secara bersama-sama gaya kepemimpinan dan pengawasan kerja berpengaruh terhadap disiplin kerja.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-12-19
How to Cite
, Swanto. PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN PENGAWASAN KERJA TERHADAP DISIPLIN PEGAWAI PADA BADAN PENGELOLA PAJAK DAN RETRIBUSI DAERAH UPT MEDAN UTARA. Jurnal Ilmiah Abdi Ilmu, [S.l.], v. 12, n. 2, p. 75-84, dec. 2019. ISSN 1979-5408. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/abdiilmu/article/view/717>. Date accessed: 24 apr. 2024.