Dampak Negatif Kecanduan Gadget Terhadap Perilaku Anak Usia Dini Dan Penanganannya Di PAUD Ummul Habibah

Rika Widya;

  • Rika Widya Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Agama Islam dan Humaniora, Universitas Pembangunan Panca Budi

Abstract

Pada zaman sekarang, gadget tidak hanya dipakai oleh orang tua atau para pembisnis saja, tetapi anak-anak di usia dini telah banyak menggunakan gadget. Sebagian besar orang tua menganggap hal ini wajar, bahkan menganjurkan untuk anaknya agar tidak susah dirawat. Orang tua lebih suka anaknya diam dan asyik bermain gadget dari pada nanti anaknya rewel. Hal inilah yang membuat anak kecanduan terhadap gadget dan akan berpengaruh kepada perilaku anak seperti: gadget dapat menurunkan daya aktif anak dan kemampuan anak untuk berinteraksi dengan orang lain, anak menjadi kurang interaktif dan lebih suka sendiri dengan zona nyamannya bersama gadget, sehingga menimbulkan sikap individualis pada anak dan kurangnya sikap peduli terhadap sesama baik terhadap teman, maupun orang lain. Oleh karena itu, perlunya pemahaman mengenai dampak negatif kecanduan gadget terutama bagi orang tua agar dapat membatasi penggunaan gadget pada anaknya dan anak dapat berkembang dengan baik dan menjadi anak yang aktif, cerdas, dan interaktif terhadap orang lain. Berdasarkan hal di atas, maka perlu dilakukan kegiatan untuk mengatasi permasalahan tersebut melalui penyuluhan dampak negatif kecanduan gadget terhadap perilaku anak usia dini dan penanganannya di Ummul Habibah Kelambir V Medan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-06-26
How to Cite
WIDYA, Rika. Dampak Negatif Kecanduan Gadget Terhadap Perilaku Anak Usia Dini Dan Penanganannya Di PAUD Ummul Habibah. Jurnal Ilmiah Abdi Ilmu, [S.l.], v. 13, n. 1, p. 29-34, june 2020. ISSN 1979-5408. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/abdiilmu/article/view/888>. Date accessed: 27 apr. 2024.