Dinasti-Dinasti Kecil Di Afrika (Murabithun Dan Muwahhidun)

Fuji Rahmadi P;

  • Fuji Rahmadi P Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam dan Humaniora, Universitas Pembangunan Panca Budi

Abstract

Sejak pertama kali menginjakkan kaki di tanah Andalusia (Spanyol) masa penaklukan Islam oleh Thariq bin Ziad hingga jatuhnya kerajaan Islam terakhir disana, Islam memainkan peranan sangat besar. Pada priode ini Daulah Umayyah Spanyol mencapai puncaknya menyaingi Daulah Abbasyiah di Bagdad. Apalagi ketika telah didirikannya Universitas Cordoba, perpustakaannya memiliki koleksi ratusan ribu buku, pembangunan kota berlangsung cepat dan rakyat dapat menikmati kemakmuran dan kesejahteraan. Maka banyaklah para pencari ilmu pengetahuan memperdalam ilmu mereka di Andalusia terutama bangsa-bangsa Eropa. Masa tersebut dikenal sebagai masa Daulah Umayyah II. Masa tersebut berlangsung lebih kurang tujuh setengah abad lamanya. Dalam kurun waktu 750 tahun tersebut. Pada masa Islam di Andalusia ini, tentulah banyak hal yang bisa disumbangkan Islam terhadap wilayah tersebut. Sehingga kalau saat ini kita berada di Spanyol kita akan melihat masih banyak  peninggalan-peninggalan bersejarah Islam yang terdapat disana. Sehingga ketika Umat Islam di Spanyol memasuki masa disintegrasi masih terdapat kekuatan besar yang dominan, yaitu dinasti Murabithun dan dinasti Muwahhidun. Meskipun dua dinasti ini pada mulanya merupakan gerakan keagamaan akhirnya menjadi suatu gerakan yang berbentuk pasukan dan berhasil menguasai beberapa daerah Andalusia yang telah dikuasai Kristen.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-06-26
How to Cite
P, Fuji Rahmadi. Dinasti-Dinasti Kecil Di Afrika (Murabithun Dan Muwahhidun). Jurnal Ilmiah Abdi Ilmu, [S.l.], v. 13, n. 1, p. 68-76, june 2020. ISSN 1979-5408. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/abdiilmu/article/view/892>. Date accessed: 25 apr. 2024.