ANALISIS PENGARUH STRES KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA KAYAWAN PADA PT. PELABUHAN INDONESIA I (PERSERO) MEDAN

Pratiwi Eka Sari;

  • Pratiwi Eka Sari Program Studi Manajemen, STIE Mahkota TRICOM Unggul

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah adanya beban kerja yang berlebihan yang tidak seimbang dengan tingkat kemampuan karyawan yang menyebabkan terjadinya stres kerja pada karyawan perusahaan PT. Pelabuhan Indonesia I (Persero). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh stres kerja terhadap kepuasan kerja karyawan. Dengan jumlah populasi sebanyak 210 responden. Sedangkan teknik penentuan sampel menggunanakan sampel jenuh. Sedangkan teknik analisa data yang digunakan yaitu analisa deskriptif dan regresi linier sederhan. Dengan pengujian hipotesis secara uji t dan koefisien determinasi.


Hasil analisis regresi linier sederhana yaitu Y = 24,255 + 0,036X+ e yang menjukkan bahwa variable stres kerja mempunyai hubungan positif searah dengan variabel kepuasan kerja dimana dapat dilihat nilai thitung = 0,428> t tabel 2,03 (n-k=30-2=28). Berdasarkan hasil yang diperoleh maka menolak Ha dan menerima.H0 untuk variabel stres kerja. Dengan demikian, secara parsial variabel stres kerja tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja pada PT.Pelabuhan Indonesia I (Persero). Saran yang dapat diberikan peneliti untuk penelitian ini yaitu : Sebaiknya perusahaan menempatkan karyawannya sesuai denga keahlian dan pendidikannya agar karyawan dapat menyelesaikan pekerjaan denga  baik, sementara itu perusahaan juga sebaiknya lebih sering menjadwalkan family gatering untuk karyawan sebagai salah satu upaya dalam mengurangi stres kerja yang dialami keryawan dalam bekerja.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-06-26
How to Cite
SARI, Pratiwi Eka. ANALISIS PENGARUH STRES KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA KAYAWAN PADA PT. PELABUHAN INDONESIA I (PERSERO) MEDAN. Jurnal Ilmiah Abdi Ilmu, [S.l.], v. 13, n. 1, p. 93-101, june 2020. ISSN 1979-5408. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/abdiilmu/article/view/895>. Date accessed: 25 apr. 2024.