Upaya Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menggunting Dengan Menggunakan Pola Pada Anak Usia Dini

Rita Nofianti;

  • Rita Nofianti Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Agama Islam dan Humaniora, Universitas Pembangunan Panca Budi

Abstract

Perkembangan motorik meliputi motorik kasar dan halus. Motorik kasar adalah gerakan tubuh yang menggunakan otot-otot besar atau sebagian besar atau seluruh anggota tubuh yang dipengaruhi oleh kematangan anak itu sendiri. Perkembangan motorik beriringan dengan proses pertumbuhan secara genetis atau kematangan fisik anak, Contohnya kemampuan duduk, menendang, berlari, naik-turun tangga dan sebagainya. Sedangkan motorik halus adalah gerakan yang menggunakan otot-otot halus atau sebagian anggota tubuh tertentu, yang dipengaruhi oleh kesempatan untuk belajar dan berlatih. Misalnya, kemampuan memindahkan benda dari tangan, mencoret-coret, menyusun balok, menggunting, menulis dan sebagainya. Kedua kemampuan tersebut sangat penting agar anak bisa berkembang dengan optimal. Kesimpulan dari penelitian ini adalah menggunting dengan menggunakan pola dapat meningkatkan perkembangan motorik halus, meningkatkan minat belajar anak usia dini serta meningkatkan kreatifitas para anak dalam mengikuti proses belajar mengajar ketika dalam kegiatan disekolah TK Al-Hikmah Sukaraya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-06-26
How to Cite
NOFIANTI, Rita. Upaya Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menggunting Dengan Menggunakan Pola Pada Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Abdi Ilmu, [S.l.], v. 13, n. 1, p. 115-130, june 2020. ISSN 1979-5408. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/abdiilmu/article/view/897>. Date accessed: 19 apr. 2024.