Pengaruh Lingkungan Kerja, Kepuasan Kerja, dan Stres Kerja Terhadap Komitmen Organisasi Guru TK dan SD pada Sekolah Yayasan Perguruan Hidayatul Islamiyah di Kota Pematang Siantar

Geby Citra Ananda;

  • Geby Citra Ananda Program Studi Manajemen, Fakultas Sosial Sains, Universitas Pembangunan Panca Budi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Apakah lingkungan kerja berpengaruh positif terhadap komitmen organisasi, 2) Apakah kepuasan kerja berpengaruh positif terhadap komitmen organisasi, 3) Apakah stres kerja berpengaruh negatif terhadap komitmen organisasi. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan kuesioner kepada guru TK dan guru SD di sekolah Yayasan Perguruan Hidayatul Islamiyah di Kota Pematang siantar . Guru di Sekolah ini  direkrut sebagai responden menggunakan metode sampel jenuh. Analisis partial lease square-structural equation modeling (pls-sem) dilakukan dengan menggunakan program SmartPLS3.0 untuk menganalisis data. Temuan penelitian ini adalah lingkungan kerja, kepuasan kerja berpengaruh positif terhadap komitmen organisasi. Di sisi lain, stres kerja memiliki efek negatif pada komitmen organisasi. Kontribusi dari penelitian  ini dapat memberikan masukan kepada manajemen sekolah ini  untuk memelihara dan mengelola lingkungan kerja, kepuasan kerja, dan stres kerja lebih baik agar guru dapat memberikan kontribusi yang lebih besar dari kinerja mereka dan mutuskan untuk tetap bekerja di sekolah yang sama dalam periode waktu yang lebih lama.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-06-26
How to Cite
ANANDA, Geby Citra. Pengaruh Lingkungan Kerja, Kepuasan Kerja, dan Stres Kerja Terhadap Komitmen Organisasi Guru TK dan SD pada Sekolah Yayasan Perguruan Hidayatul Islamiyah di Kota Pematang Siantar. Jurnal Ilmiah Abdi Ilmu, [S.l.], v. 13, n. 1, p. 142-151, june 2020. ISSN 1979-5408. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/abdiilmu/article/view/899>. Date accessed: 26 apr. 2024.