Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Manajemen Laba Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Dalam Pertukaran Efek Indonesia (BEI)

Cahyo Pramono;

  • Cahyo Pramono Program Studi Manajemen, Fakultas Sosial Sains, Universitas Pembangunan Panca Budi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah faktor – faktor seperti komisaris independen, ukuran perusahaan, dan leverage (DER) memiliki pengaruh terhadap manajemen laba. Perilaku manajemen untuk mengatur laba sesuai dengan keinginannya ini dikenal dengan istilah manajemen laba. Data dikumpulkan dengan teknik pengumpulan data skunder yaitu dengan membaca buku, internet dan literature terkait. R Square 1,000 yang dapat disebut koefesien determinasi yang dalam hal ini yang berarti 100% model baik diatas 50% artinya variabel manajemen laba di pengaruhi oleh variabel komisaris independen, ukuran perusahaan, dan leverage. Dengan demikian secara parsial hasil penelitian Komisaris independen berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba, variabel komisaris independen memiliki nilai signifikan sebesar 0,034. Ketentuan pengambilan keputusan hipotesis diterima atau ditolak didasarkan pada besarnya nilai signifikan lebih kecil atau sama dengan 0.05 (5%) maka H1 diterima dan sebaliknya. Hasil penelitian diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,034 < 0,05 (5%) artinya secara parsial komisaris independen berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba. Dan Ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba berdasarkan hasil pengujian diatas diperoleh nilai signifikan untuk variabel ukuran perusahaan sebesar 0,036. Hasil penelitian diperoleh nilai signifikansi 0,036 < 0,05 (5%) artinya secara parsial ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba. Juga Leverage berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba berdasarkan hasil pengujian diatas diperoleh nilai signifikansi untuk variabel lverage sebesar 0,023. Hasil penelitian diperoleh nilai signifikansi 0,023 < 0,05 (5%) artinya secara parsial leverage berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-06-26
How to Cite
PRAMONO, Cahyo. Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Manajemen Laba Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Dalam Pertukaran Efek Indonesia (BEI). Jurnal Ilmiah Abdi Ilmu, [S.l.], v. 13, n. 1, p. 152-160, june 2020. ISSN 1979-5408. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/abdiilmu/article/view/900>. Date accessed: 19 apr. 2024.