PENGARUH SANKSI, KUALITAS PELAYANAN DAN SOSIALISASI TERHADAP KEPATUHAN MEMBAYAR PAJAK BUMI DAN BANGUNAN DI DESA PANTAI GEMI KECAMATAN STABAT KABUPATEN LANGKAT

Oktarini Khamilah Siregar; Soni Anggraini Rahayu;

  • Oktarini Khamilah Siregar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh dari sanksi, kualitas pelayanan dan sosialisasi terhadap kepatuhan membayar pajak bumi dan bangunan di Desa Pantai Gemi Kecamatan Stabat Kabupaten Langkat secara simultan dan parsial. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kepala keluarga yang menjadi wajib pajak bumi dan bangunan yang berada di Desa Pantai Gemi Kecamatan Stabat Kabupaten Langkat. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik simple random sampling dengan menggunakan rumus slovin sehingga diperoleh 96 kepala keluarga yang menjadi wajib pajak bumi dan bangunan yang menjadi sampel dalam penelitian ini dari 2500 kepala keluarga yang menjadi wajib pajak bumi dan bangunan yang menjadi populasi. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan model regresi linier berganda dengan bantuan SPSS V17. Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa secara simultan sanksi, kualitas pelayanan dan sosialisasi berpengaruh signifikan positif terhadap kepatuhan membayar pajak bumi dan bangunan dan secara parsial sanksi, kualitas pelayanan dan sosialisasi berpengaruh signifikan positif terhadap kepatuhan membayar pajak bumi dan bangunan. Hasil uji koefisien determinasi (R2) menunjukan bahwa kepatuhan membayar pajak bumi dan bangunan mampu dijelaskan sebesar 34,9% oleh sanksi, kualitas pelayanan dan sosialisasi, sedangkan sisanya sebesar 65,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak masuk dalam penelitian ini yaitu kesadaran wajib pajak, pengetahuan perpajakan, tingkat pendidikan dan penghasilan wajib pajak.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-11-26
How to Cite
, Oktarini Khamilah Siregar. PENGARUH SANKSI, KUALITAS PELAYANAN DAN SOSIALISASI TERHADAP KEPATUHAN MEMBAYAR PAJAK BUMI DAN BANGUNAN DI DESA PANTAI GEMI KECAMATAN STABAT KABUPATEN LANGKAT. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 21-37, nov. 2018. ISSN 2087-4669. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/akuntansibisnisdanpublik/article/view/363>. Date accessed: 20 apr. 2024.