ANALISIS PERKEMBANGAN USAHA MIKRO DAN KECIL SETELAH MEMPEROLEH PEMBIAYAAN MUDHARABAH DARI BMT KHALIFAH AMANAH KECAMATAN MEDAN TEMBUNG

Dwi Saraswati; Yunita Sari Rioni;

  • Dwi Saraswati

Abstract

Usaha Mikro dan Kecil (UMK) merupakan pelaku terbesar pada sektor ekonomi yang bergerak di bidang perdagangan maupun jasa. Pada umumnya masalah yang dihadapi oleh UMK di Kecamatan Medan Tembung adalah masalah permodalan, dimana pengusaha mikro kecil tidak memiliki modal usaha yang cukup untuk menjalankan usaha. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis perbedaan dan perkembangan UMK antara sebelum dan sesudah memperoleh pembiayaan dari BMT Khalifah Amanah yang meliputi modal usaha, omzet penjualan dan keuntungan. Objek penelitiannya yaitu UMK yang menjadi anggota BMT Khalifah Amanah dengan sampel sebanyak 95. Jenis data yang dikumpulkan adalah data primer dan data sekunder. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi analisis regresi linier dan ujji beda T dengan bantuan SPSS 18. Dengan demikian, dengan adanya pembiayaan dari BMT Khalifah Amanah di Kecamatan Medan Tembung maka modal usaha, omzet penjualan dan keuntungan Usaha Mikro dan Kecil (UMK) mengalami peningkatan yang sangat berarti.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-11-26
How to Cite
, Dwi Saraswati. ANALISIS PERKEMBANGAN USAHA MIKRO DAN KECIL SETELAH MEMPEROLEH PEMBIAYAAN MUDHARABAH DARI BMT KHALIFAH AMANAH KECAMATAN MEDAN TEMBUNG. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 97-105, nov. 2018. ISSN 2087-4669. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/akuntansibisnisdanpublik/article/view/368>. Date accessed: 19 apr. 2024.