PERSEPSI MAHASISWA AKUNTANSI NON MUSLIM TERHADAP MATA KULIAH AKUNTANSI SYARIAH ( STUDI KASUS PADA PRODI AKUNTANSI FAKULTAS SOSIAL SAINS UNPAB )

Heriyati Chrisna; Hernawaty;

  • Heriyati Chrisna

Abstract

Semakin banyaknya lembaga bisnis yang menerapkan syariat islam, tentunya akan memerlukan pengelolaan secara islami dan sumber daya yang menguasai akuntansi syariah. Hal yang dirasa paling penting adalah melahirkan sumber daya manusia yang benar – benar mampu memahami konsep akuntansi syariah. Dalam praktek yang ditemukan, sangat kurang sekali sumberdaya manusia yang memahami konsep akuntansi syariah baik yang berada pada perbankan syariah maupun lembaga keuangan syariah lainnya. Prodi akuntansi Fakultas Sosial Sains Universitas Pembangunan Panca Budi mempunyai 2 kosentrasi yaitu akuntansi bisnis dan akuntansi publik. Pada tahun 2010 prodi akuntansi menambah satu kosentrasi lagi yaitu akuntansi syariah untuk mengakomodir kebutuhan pasar yang dewasa ini sangat membutuhkan sumber daya insani di bidang akuntansi syariah. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode wawancara langsung terhadapobyek penelitian yaitu beberapa mahasiswa prodi akuntansi non muslim yang telah mengikuti mata kuliah Akuntansi Syariah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada persepsi positif dan negatif dari mahasiswa akuntansi non muslim. Mahasiswa non muslim yang mempunyai persepsi negative disebabkan oleh perbedaan agama yang dianut sehingga membuat mereka kurang paham dengan aturan – aturan dalam akuntansi syariah terutama terkait dengan istilah – istilah dalam akuntansi syariah yang berbahasa Arab. Mahasiswa non muslim yang mempunyai persepsi positif jusru tertarik dengan salah satu sistem dalam akuntansi syariah yaitu system bagi hasil dan mengatakan system tersebut merupakan sesuatu yang sangat baik untuk diterapkan dalam bermuamalah dalam kehidupan sehari - hari. 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-11-26
How to Cite
, Heriyati Chrisna. PERSEPSI MAHASISWA AKUNTANSI NON MUSLIM TERHADAP MATA KULIAH AKUNTANSI SYARIAH ( STUDI KASUS PADA PRODI AKUNTANSI FAKULTAS SOSIAL SAINS UNPAB ). Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 121-131, nov. 2018. ISSN 2087-4669. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/akuntansibisnisdanpublik/article/view/370>. Date accessed: 26 apr. 2024.