PENGARUH PENGEMBANGAN KARIR DAN INSENTIF TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. SURYAMAS LESTARI PRIMA TANJUNG MORAWA

Hernawaty; Saleh Andika;

  • Hernawaty

Abstract

PT. Suryamas Lestari Prima Tanjung Morawa adalah sebuah perusahaan yang terlibat dalam pengolahan kayu yang terletak di Jalan Batang Kuis KM. 5 rumah desa X Tanjung Morawa di Kabupaten Deli Serdang. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam perusahaan ini yang berhubungan dengan pengembangan karir. Perusahaan lebih berfokus pada pengembangan karyawan lama, sehingga karyawan baru tidak memiliki cukup pelatihan dan sering terjadi pengurangan dalam insentif yang membuat mereka malas untuk bekerj. Hal ini menyebabkan terjadinya penurunan kinerja karyawan di PT. Suryamas Lestari Prima. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif, dan sifat dari penelitian ini adalah deskriptif eksplanatori. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, kuesioner dan studi dokumentasi. Analisis data metode yang digunakan adalah multiple regresi. Populasi dalam studi ini adalah seluruh karyawan yang bekerja di PT. Maju Bersama terdiri dari 300 karyawan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampe jenuh yang terdiri dari 171 karyawan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan karir dan insentif secara simultan dan parsial memiliki pengaruh signifikan pada kinerja kerja karyawan dengan R Square 49.7% dimana variabel kinerja dapat dijelaskan oleh variabel insentif dan pengembangan karir sementara sisa 50.3% dapat dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam studi ini. Hasil uji parsial jmenunjukkan bahwa ada efek yang signifikan dari pengembangan karir terhadap kinerja
karyawan. Insentif adalah faktor yang paling dominan mempengaruhi kinerja karyawan. Kesimpulannya, pengembangan karir dan insentif pada para pekerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja di PT. Suryamas Lestari Prima Tanjung Morawa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-11-26
How to Cite
, Hernawaty. PENGARUH PENGEMBANGAN KARIR DAN INSENTIF TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. SURYAMAS LESTARI PRIMA TANJUNG MORAWA. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 132-144, nov. 2018. ISSN 2087-4669. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/akuntansibisnisdanpublik/article/view/371>. Date accessed: 23 apr. 2024.