ANALISIS PENGARUH SDM, INSENTIF DAN SARANA PENDUKUNG TERHADAP IMPLEMENTASI SAP BERBASIS AKRUAL PADA PEMERINTAH PROVINSI SUMATERA UTARA

Dito Aditia Darma Nasution; Puja Rizqy Ramadhan;

  • Dito Aditia Darma Nasution

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh SDM, Insentif dan Sarana Pendukung terhadap implementasi SAP berbasis akrual pada Pemerintah Provinsi Sumatera Utara. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif/hubungan. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 34 Satuan Kerja Perangkat Daerah di Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan yang menjadi sampel penelitian berjumlah 102 yang meliputi Pejabat Penatausahaan Keuangan, Bendahara Pengeluaran, dan Staf Keuangan. Sumber data penelitian ini adalah data primer dengan menggunakan instrument penelitian berupa kuesioner. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah penelitian survey. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda untuk analisis statistik dan model regresi telah diuji terlebih dahulu dalam uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengujian secara parsial SDM berpengaruh positif signifikan terhadap implementasi SAP berbasis akrual, insentif berpengaruh positif signifikan terhadap implementasi SAP berbasis akrual, dan sarana pendukung berpengaruh negatif signifikan terhadap implementasi SAP berbasis akrual. Pengujian secara simultan menunjukkan bahwa SDM, insentif, dan sarana pendukung berpengaruh signifikan terhadap implementasi SAP berbasis akrual.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-11-26
How to Cite
, Dito Aditia Darma Nasution. ANALISIS PENGARUH SDM, INSENTIF DAN SARANA PENDUKUNG TERHADAP IMPLEMENTASI SAP BERBASIS AKRUAL PADA PEMERINTAH PROVINSI SUMATERA UTARA. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 207-218, nov. 2018. ISSN 2087-4669. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/akuntansibisnisdanpublik/article/view/376>. Date accessed: 26 apr. 2024.