FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MAHASISWA MEMILIH JURUSAN AKUNTANSI

Vina Arnita; Anggi Pratama Nasution;

  • Vina Arnita

Abstract

Pendidikan adalah modal utama untuk melangkah ke dunia kerja. Proses pendidikan di Indonesia dimulai dari Pendidikan usia dini sampai ke universitas. Penelitian meneliti mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi mahasiswa untuk memilih jurusan akuntansi. Data penelitian ini adalah mahasiswa Akuntansi Universitas Pembangunan Panca Budi. Data penelitian menggunakan data primer berupa kuesioner. Penelitian ini menggunakan 137 data penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa faktor personal menunjukkan mahasiswa dapat mempertahankan nilai indeks prestasi yang memiliki perbedaan antara mahasiswa laki-laki dengan mahasiswa perempuan. Faktor rekomendasi menunjukkan
adanya perbedaan faktor rekomendasi untuk memilih jurusan akuntansi antara mahasiswa laki-laki dengan mahasiswa perempuan. Pertimbangan pasar kerja, menunjukkan bahwa persepsi akuntansi selalu dibutuhkan dalam bisnis merupakan faktor utama mahasiswa memilih jurusan akuntansi, serta terdapat perbedaan dalam hal tersedianya lowongan pekerjaan dan gaji awal yang memuaskan antara mahasiswa laki-laki dengan mahasiswa perempuan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-05-13
How to Cite
, Vina Arnita. FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MAHASISWA MEMILIH JURUSAN AKUNTANSI. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, [S.l.], v. 9, n. 2, p. 78-84, may 2019. ISSN 2087-4669. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/akuntansibisnisdanpublik/article/view/459>. Date accessed: 29 mar. 2024.