PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH, UKURAN PEMERINTAH DAERAH, LEVERAGE, TERHADAP KINERJA KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH

Dwi Saraswati; Yunita Sari Rioni;

  • Dwi Saraswati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris tentang pengaruh pendapatan asli daerah, ukuran pemerintah daerah, leverage, terhadap kinerja keuangan pemerintah daerah pada kabupaten/kota di Provinsi Sumatera Utara tahun 2015-2017. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan objek penelitian seluruh kabupaten / kota di Provinsi Sumatera Utara. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dalam laporan APBD kabupaten / kota di Sumatera Utara periode tahun 2015-2017. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu terdiri dari 33 Kabupaten dan Kota di Sumatera Utara yang memiliki data realisasi Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) periode 2015-2017. Pengambilan sampel penelitian menggunakan purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 93 sampel data selama 3 tahun periode pengamatan berturut-turut. Setelah data mengalami outlier sebanyak 2 data sehingga total sampel yang diteliti mengalami penurunan menjadi 91 data. Data sampel yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan program SPSS versi 20 dengan menggunakan uji asumsi klasik, Kemudian dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda, dan analisis uji statistik. Target Luaran dalam penelitian ini adalah jurnal ISSN. Target khusus yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah
publikasi ilmiah dijurnal Nasional ber ISSN. Setelah hasil diolah diharapkan ada pengaruh signifikan dari PAD, Ukuran pemerintah daerah dan Leverage terhadap Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah pada Kabupaten/Kota di Sumatera Utara.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-05-13
How to Cite
, Dwi Saraswati. PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH, UKURAN PEMERINTAH DAERAH, LEVERAGE, TERHADAP KINERJA KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, [S.l.], v. 9, n. 2, p. 110-120, may 2019. ISSN 2087-4669. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/akuntansibisnisdanpublik/article/view/462>. Date accessed: 26 apr. 2024.