PERSEPSI MAHASISWA AKUNTANSI UNIVERSITAS PEMBANGUNAN PANCABUDI TERHADAP PERBANKAN SYARIAH SEBAGAI LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH

Heriyati Chrisna; Emi Wakhyuni;

  • Heriyati Chrisna

Abstract

Perkembangan entitas bisnis yang menerapkan syariat islam seperti perbankan syariah dan lembaga keuangan syariah non bank tentunya akan memerlukan pengelolaan secara islami dan sumber daya yang menguasai akuntansi syariah. Perguruan tinggi sebagai entitas yang melahirkan sumber daya manusia harus dapat melahirkan sumber daya insani dari program studi akuntansi yang benar – benar mampu memahami konsep syariah khususnya praktek akuntansi syariah yang digunakan oleh perbankan syariah. Mahasiswa akuntansi diharapkan mempunyai persepsi yang positif terhadap perbankan syariah karena Sumber daya insani yang akan bekerja di perbankan tentunya diharapkan mampu mengenal lebih detail bagaimana sebenarnya karakteristik perbankan syariah, prinsip dan produk perbankan syariah. Hasil dari
penelitian ini menjelaskan bahwa lebih dari setengah dari mahasiswa akuntansi yang dijadikan sebagai sampel mempunyai persepsi yang postif terhadap karakteristik perbankan syariah sebagai lembaga keuangan syariah. Tetapi jumlah yang netral juga cukup lumayan yang artinya mereka masih ragu dengan perbankan syariah , sementara ada 10% yang menjawab tidak setuju yang ada kemungkinan mereka tidak mengenal perbankan syariah. Lebih dari setengah dari mahasiswa akuntansi yang dijadikan sebagai sampel mempunyai persepsi yang postif terhadap produk bank syariah yang dimliki bank syariah. Tetapi jumlah yang netral juga cukup lumayan yang artinya mereka masih ragu dengan produk bank syariah , sementara ada 8% yang menjawab tidak setuju yang ada kemungkinan mereka tidak mengenal produk bank syariah.
Setengah dari mahasiswa akuntansi yang dijadikan sebagai sampel menjawab netral yang artinya mereka masih ragu dengan prinsip bank syariah dan mempunyai persepsi yang negatif terhadap prinsip bank syariah sebagai lembaga keuangan syariah. Jumlah yang menjawawab setuju hanya 40 %. yang artinya kurang dari setengah mahsiswa mempunyai persepsi yang positif terhadap prinsip bank syariah.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-05-13
How to Cite
, Heriyati Chrisna. PERSEPSI MAHASISWA AKUNTANSI UNIVERSITAS PEMBANGUNAN PANCABUDI TERHADAP PERBANKAN SYARIAH SEBAGAI LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, [S.l.], v. 9, n. 2, p. 121-135, may 2019. ISSN 2087-4669. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/akuntansibisnisdanpublik/article/view/463>. Date accessed: 28 mar. 2024.