PENGARUH KOMPLEKSITAS KERJA DAN TEKANAN KETAATAN TERHADAP KINERJA AUDITOR PADA PERUSAHAAN JASA PERHOTELAN DI KOTA MEDAN

Dwi Saraswati; Ardhansyah Putra Harahap;

  • Dwi Saraswati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompleksitas kerja dan tekanan ketaatan terhadap kinerja auditor pada perusahaan jasa perhotelan di kota Medan. Yang menjadi populasi adalah pegawai auditor di kota Medan. Sampel yang diambil adalah pegawai auditor di hotel bintang lima di kota Medan. Kriteria pengambilan sampel bagi staf auditor yang menjadi responden dalam penelitian ini adalah pengalaman kerja di KAP sekurang-kurangnya 1 tahun. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji instrumen dan analisis regresi linier berganda. Dari hasil analisis regresi linier berganda bahwa variabel kompleksitas kerja berpengaruh negatif pada kinerja auditor. Hasil pengujian hipotesis pertama memiliki nilai koefisien negatif sebesar -0,058 dengan signifikansi sebesar 0,395 yang berarti bahwa variabel kompleksitas kerja tidak berpengaruh pada kinerja auditor, pada hipotesis yang kedua menyatakan bahwa
tekanan ketaatan berpengaruh negatif pada kinerja auditor. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel tekanan ketaatan memiliki nilai koefisien positif sebesar 0,033 dan nilai signifikansi sebesar 0,612 sehingga dikatakan menolak hipotesis kedua. Dan nilai Adjusted R Square sebesar 0,843 yang berarti bahwa sebesar 84,3% variabel kinerja auditor dapat dijelaskan oleh variabel kompleksitaskerja dan tekanan ketaatan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-09-16
How to Cite
, Dwi Saraswati. PENGARUH KOMPLEKSITAS KERJA DAN TEKANAN KETAATAN TERHADAP KINERJA AUDITOR PADA PERUSAHAAN JASA PERHOTELAN DI KOTA MEDAN. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 15-24, sep. 2019. ISSN 2087-4669. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/akuntansibisnisdanpublik/article/view/570>. Date accessed: 19 apr. 2024.