ANALISIS PENGAJUAN KREDIT DAN PENGENDALIAN INTERN PADA PT. BANK BNI Tbk CABANG KABANJAHE

Yunita Sari Rioni; Dwi Saraswati; Rusyda Nazirah Yunus;

  • Yunita Sari Rioni

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan sistem pengajuan kredit dan pengendalian intern yang dilaksanakan oleh PT. Bank BNI Tbk Cabang Kabanjahe. Data penelitian ini diperoleh dari observasi serta wawancara langsung dengan pihak yang terkait, dan menggunakan metode kualitatif (analisis deskriptif). Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa sistem pengajuan kredit PT. Bank BNI Tbk Cabang
Kabanjahe terdiri atas beberapa prosedur, yaitu permohonan kredit, penyelidikan dan analisis kredit, persetujuan kredit, pencairan kredit, dan pelunasan kredit, serta telah didukung oleh penerapan sistem pengendalian intern. Adapun pengendalian intern PT. Bank BNI Tbk Cabang Kabanjahe sudah efektif, masing-masing unit atau divisi memiliki tugas dan wewenang yang jelas sehingga memudahkan para karyawan untuk melakukan tugasnya dengan benar dan baik. Serta telah mencapai tujuan dari pengendalian intern pemberian kredit yaitu, keandalan pelaporan keuangan pemberian kredit, efektivitas dan efisiensi pemberian kredit, ketaatan terhadap hukum dan peraturan kredit.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-09-16
How to Cite
, Yunita Sari Rioni. ANALISIS PENGAJUAN KREDIT DAN PENGENDALIAN INTERN PADA PT. BANK BNI Tbk CABANG KABANJAHE. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 193-205, sep. 2019. ISSN 2087-4669. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/akuntansibisnisdanpublik/article/view/582>. Date accessed: 19 apr. 2024.