ANALISIS KEPUTUSAN PENDANAAN, KEPUTUSAN INVESTASI DAN KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK INDONESIA

Irawan;

  • Irawan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memecahkan masalah dalam nilai perusahaan di Bursa Efek Indonesia (BEI) dimana keputusan pendanaan, keputusan investasi dan kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan, apabila semakin besar kemakmuran yang akan diterima oleh pemilik perusahaan, maka semakin tinggi juga resiko yang dialami perusahaan itu dengan tingkat pertumbuhan, pengawasan, tingkat keuntungan, stabilitas return, dan akses kepasar modal. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui sampel pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI 2012-2015. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan teknik analisis dengan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara serempak (simultan) variable variabel keputusan pendanaan (DER), perubahan keputusan investasi (TAG), dan kebijakan dividen (DPR) mempunyai pengaruh secara serempak (simultan) terhadap variable nilai perusahaan. Hal ini berarti variabel tersebut dapat dijadikan sebagai pengukur nilai perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial keputusan pendanaan (DER) terhadap Nilai Perusahaan (PBV) berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap variabel Nilai Perusahaan (PBV)
dan keputusan investasi (TAG) berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap variabel Nilai Perusahaan (PBV) serta kebijakan dividen (DPR) berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap variabel Nilai Perusahaan (PBV). Nilai Adjusted R Square, dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0,821 yang berarti 82,1% perubahan variabel nilai perusahaan (PBV) yang diprediksikan price book value (PBV) dapat dijelaskan oleh variable bebasnya (100% - 82,1% = 17,9%) dan sisanya dijelaskan oleh faktor lain diluar model ini.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-12-02
How to Cite
, Irawan. ANALISIS KEPUTUSAN PENDANAAN, KEPUTUSAN INVESTASI DAN KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK INDONESIA. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 226-242, dec. 2019. ISSN 2087-4669. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/akuntansibisnisdanpublik/article/view/685>. Date accessed: 24 apr. 2024.