PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN ( FIRM SIZE ) DAN PROFITABILITAS TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI)

Nina Andriyani Nasution; Widya Sari;

  • Nina Andriany Nasution Program Studi Akuntansi, Fakultas Sosial Sains, Universitas Pembangunan Panca Budi Medan
  • Widya Sari Program Studi Akuntansi, Fakultas Sosial Sains, Universitas Pembangunan Panca Budi Medan

Abstract

Pasar modal memiliki fungsi sebagai sarana dalam penambahan modal bagi perusahaan yang ada di dalamnya untuk memperoleh dana dari investor yang menginvestasikan dananya. Selain itu, fungsi pasar modal yaitu sebagai sarana pemerataan pendapatan, peningkatan kapasitas produksi, penciptaan lapangan kerja, indicator perekonomian negara, dan peningkatan pendapatan negara. Adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas (Return On Equity) secara bersama sama terhadap HargaSaham.Jenis penelitian yang penulis gunakan yaitu pendekatan asosiatif bersifat kuantitatif. Penelitian asosiatif yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara satu variabel dengan variabel lainnya. Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan food and beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sumber data
diperoleh dari laporan keuangan publikasi yang berasal dari website Bursa Efek Indonesia periode 2012 hingga 2016. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil bahwa variabel Return On Equity berpengaruh positif dan signifikan terhadap Harga Saham sedangkan Ukuran Perusahaan memiliki pengaruh signifikan terhadap harga saham. Berdasarkan Hasil Uji-F diperoleh hasil bahwa variabel Return On Equity dan Ukuran perusahaan atau Firm Size memiliki pengaruh secara bersama-sama dan signifikan terhadap Harga Saham.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-08-14
How to Cite
NASUTION, Nina Andriany; SARI, Widya. PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN ( FIRM SIZE ) DAN PROFITABILITAS TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI). Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, [S.l.], v. 11, n. 1, p. 76-83, aug. 2020. ISSN 2087-4669. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/akuntansibisnisdanpublik/article/view/958>. Date accessed: 19 apr. 2024.