PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP MODEL PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA MATA KULIAH ILMU PENDIDIKAN ISLAM (Studi Kasus Sekolah Tinggi Agama Islam Jam’iyah Mahmudiyah)

  • Marhan Hasibuan Sekolah Tinggi Agama Islam Jam’iyah Mahmudiyah

Abstract

Perkuliahan online atau yang biasa disebut daring merupakan salah satu bentuk pemanfaatan internet yang dapat meningkatkan peran mahasiswa dalam proses pembelajaran. Analisis deskriptif pada penelitian ini mengkaji persepsi mahasiswa jurusan Manajemen Pendidikan Islam Sekolah Tinggi Agama Islam Jam’iyah Mahmudiyah mengenai model pembelajaran daring terkait pemanfaatan media, gaya belajar, dan jenis komunikasi tertentu yang digemari mahasiswa untuk membantu mereka menghasilkan output yang lebih baik dari kegiatan belajar mengajar secara daring. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 33 mahasiswa Jurusan Manajemen Pendidikan Islam yang mengambil mata kuliah ilmu pendidikan islam yang telah terlibat dalam pembelajaran daring masa pandemi Covid-19. Hasilnya didapatkan bahwa media pembelajaran daring yang paling digemari ialah whatsapp dan Google Classroom. Sebesar 61% dari mahasiswa Jurusan Manajemen Pendidikan Islam yang mengambil mata kuliah ilmu pendidikan islam sudah mengenal berbagai media pembelajaran daring tersebut sebelum perkuliahan daring dimulai. Selain itu, pola komunikasi yang paling diminati oleh mahasiswa ialah pola semi dua arah. Diperlukan adanya penelitian lebih lanjut terhadap penelitian pembelajaran daring dengan berbasis masalah, kolaboratif, dan model lainnya.

Published
2020-12-27
How to Cite
HASIBUAN, Marhan. PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP MODEL PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA MATA KULIAH ILMU PENDIDIKAN ISLAM (Studi Kasus Sekolah Tinggi Agama Islam Jam’iyah Mahmudiyah). Jurnal Ilmiah Al-Hadi, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 16-25, dec. 2020. ISSN 2774-3373. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/alhadi/article/view/1086>. Date accessed: 26 apr. 2024.