REGENERASI ULAMA: ANTARA PESANTREN DAN PENDIDIKAN KADER ULAMA

  • Rustam Ependi Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam dan Humaniora Universitas Pembangunan Panca Bu
  • Hadi Sahputra Penggabean Program Studi Pendidikan Islam Fakultas Agama Islam dan Humaniora Universitas Pembangunan Panca Budi

Abstract

Peran ulama di tengah perkembangan komunitas sosial budaya yang disebabkan oleh pandangan, Asumsi dan kenyataan yang berkembang di tengah-tengah masyarakat tentang kemampuan keilmuan dan kealiman ulama. Pergeseran tersebut juga muncul dari sikap dan pribadi ulama tersebut secara langsung yang ditampilkannya dari peran dan pelaksanaan sosial keagamaan ulama tersebut terhadap masyarakat disatu sisi pesantren yang menerima sistem dan tuntutan perkembangan zaman. Walaupun pendidikan kader ulama mampu menjadi solusi melahirkan kompentensi seorang ulama namun di satu sisi terjadi problematika ketika berbicara legalitas alumninya ketika ingin bekerja secara formal seperti contoh Problematik kelembagaan Pendidikan Tinggi Kader Ulama sampai saat ini adalah keberadaan atau akreditasinya belum dikatakan sebagai pendidikan formal masih bersifat non formal.

Published
2020-12-27
How to Cite
EPENDI, Rustam; PENGGABEAN, Hadi Sahputra. REGENERASI ULAMA: ANTARA PESANTREN DAN PENDIDIKAN KADER ULAMA. Jurnal Ilmiah Al-Hadi, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 45-59, dec. 2020. ISSN 2774-3373. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/alhadi/article/view/1091>. Date accessed: 24 apr. 2024.