PENGARUH KOMPETENSI SOSIAL DAN MOTIVASI GURU KELAS TK A TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI TK AL-HIJRAH LAU DENDANG KECAMATAN PERCUT SEI TUAN

  • Bahtiar Siregar Universitas Pembangunan Panca Budi Medan

Abstract

Penelitian kuantitatif yang dilakukan di sekolah tentang Pengaruh Kompetensi Sosial dan Motivasi Guru dalam Pendidikan Agama Islam pada Hasil Belajar Siswa Penelitian dilakukan oleh peneliti tentang pengaruh kompetensi sosial dengan hasil belajar siswa dengan persamaan regresi Ŷ = 33,042 + 0, 637 X1 dari 0,6372 = 0, 4057, pengaruh antara motivasi belajar siswa dengan hasil belajar siswa. Dengan persamaan regresi Ŷ = 33,430 + 0,754X2. Arti persamaan garis regresi adalah bahwa setiap perubahan satu variabel dari motivasi mengajar guru akan diikuti oleh perubahan 0,7542 = 0,5685, dan hubungan yang signifikan antara kompetensi sosial dan motivasi mengajar terhadap hasil belajar siswa Dengan persamaan garis regresi Ŷ = 22.209 + 0.385X1 + 0.373X2. Arti persamaan garis regresi adalah bahwa setiap perubahan variabel kompetensi dan motivasi guru akan diikuti oleh perubahan (0,385X1 = 0,1482 = 14,82%) + (0,373X2. = 0,1391 = 13,91%) hasil belajar siswa dengan arah yang sama pada konstanta 22.209 berarti bahwa 14.365% variasi dalam hasil belajar siswa dapat dijelaskan oleh variabel kompetensi dan motivasi mengajar guru.

Published
2020-07-24
How to Cite
SIREGAR, Bahtiar. PENGARUH KOMPETENSI SOSIAL DAN MOTIVASI GURU KELAS TK A TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI TK AL-HIJRAH LAU DENDANG KECAMATAN PERCUT SEI TUAN. Jurnal Ilmiah Al-Hadi, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 1-15, july 2020. ISSN 2774-3373. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/alhadi/article/view/920>. Date accessed: 19 apr. 2024.