EFEKTIFITAS PEMANFAATAN PUSTAKA RUMAH PINTAR AGRO ESTATE DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA MASYARAKAT DI DESA LAUT TADOR – SEI SUKA KABUPATEN BATU BARA

  • Friska Anggraini Barus Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Agrobisnis Perkebunan (STIPAP)
  • Sunyianto Sunyianto Universitas Sari Mutiara Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan Pustaka Rumah Pintar Agro Estate dalam meningkatkan minat baca masyarakat dan untuk mengetahui apakah ada kendala yang dihadapi dalam meningkatkan minat baca. Penelitian ini dilaksanakan di Pustaka Rumah Pintar Agro Estate yang berada di rumah sekretaris kelompok tani di Desa Laut Tador Kecamatan Sei Suka Kabupaten Batu Bara. Koleksi dari perpustakaan tersebut adalah buku pertanian umum, perkebunan kelapa sawit, perkebunan karet, buku pelajaran SD/SLTP/SLTA, buku-buku agama dan beberapa koleksi CD. Penelitian ini dilakukan mulai September – Desember 2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, yaitu penelitian yang berusaha mendeskripsikan apa-apa saja yang saat ini berlaku. Pengambilan sampel dalam penelitian ini ditetapkan secara quota sampling sebanyak 32 responden baik responden laki-laki maupun perempuan. Bahan yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah kuisioner. Data dikumpulkan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data penelitian ini dianalisis menggunakan bantuan program software SPSS (Statistical Package for Social Science) versi 20.0. Model analisis data yang digunakan adalah menggunakan wujud statistik regresi linear antara peningkatan minat baca dengan pemanfaatan taman bacaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pustaka Rumah Pintar Agro Estate banyak dikunjungi oleh masyarakat dari kalangan pelajar (siswa sekolah SD, SLTP, SLTA). Pengunjung melakukan aktivitas membaca buku. Buku yang dibaca oleh pengunjung yaitu buku yang sesuai dengan kebutuhannya seperti buku-buku fiksi (cerita, novel, majalah). Hambatan yang dialami oleh Pustaka Rumah Pintar Agro Estate adalah minimnya ketersedian jumlah koleksi yang mengakibatkan pengujung harus mengantri jika ingin meminjam buku yang sama dan belum adanya penjaga tetap yang berpangaruh terhadap jam buka layanan. Selain itu untuk memenuhui kebutuhan operasional pustaka Rumah Pintar Agro Estate sangat bergantung pada dana yang dimiliki pengelola yang terbatas.

Published
2020-07-28
How to Cite
BARUS, Friska Anggraini; SUNYIANTO, Sunyianto. EFEKTIFITAS PEMANFAATAN PUSTAKA RUMAH PINTAR AGRO ESTATE DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA MASYARAKAT DI DESA LAUT TADOR – SEI SUKA KABUPATEN BATU BARA. Jurnal Ilmiah Al-Hadi, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 86-94, july 2020. ISSN 2774-3373. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/alhadi/article/view/933>. Date accessed: 20 apr. 2024.