MODEL DAN ANALISIS GANGGUAN SATU KONDUKTOR TERBUKA (ONE-CONDUCTOR OPEN FAULT) SISTEM TENAGA LISRIK MENGGUNAKAN PERANGKAT LUNAK MATLAB

Rahmaniar; Hermansyah

  • Rahmaniar

Abstract

Gangguan satu konduktor terbuka merupakan terlepasnya salah satu fasa/konduktor yang menyebabkan
terjadinya perubahan tegangan antara bus-bus (gardu induk) yang konduktornya mengalami gangguan.
Peningkatan tegangan pada sistem yang mengalami gangguan satu konduktor terbuka menyebabkan terjadinya ketidakseimbangan sistem yang dapat berpengearuh terhadap pelayanan kepada pelanggan listrik. Sehingga dilakukan kajian khusus tentang gangguan konduktor terbuka dengan pemodelan matematis dari diagram segaris sistem tenaga dengan data-data nilai reaktansi sistem. Pemodelan gangguan satu fasa terbuka sistem tenaga listrik dilakukan dengan membentuk diagram reaktansi dari sistem tenaga listrik, kemudian dengan data-data bersumber dari literatur ilmiah dilakukan pemodelan sekaligus memasukkan data sistem ke dalam m.file matlab untuk menjalankan model yang sudah dibangun. Analisis gangguan satu fasa terbuka digunakan untuk melihat besaran tegangan yang dapat menyebabkan terjadi ketidak seimbangan sistem karena pada kondisi salah satu fasa terbuka pada rangkaian seimbang. Komputer dijadikan alat bantu untuk menganalisis nilai arus gangguan dengan pendukung perangkat lunak Matlab 6.1 membantu memperoleh besaran nilai arus dan tegangan gangguan satu konduktor terbuka secara praktis dan efektif.

Published
2018-03-12
How to Cite
, Rahmaniar. MODEL DAN ANALISIS GANGGUAN SATU KONDUKTOR TERBUKA (ONE-CONDUCTOR OPEN FAULT) SISTEM TENAGA LISRIK MENGGUNAKAN PERANGKAT LUNAK MATLAB. Jurnal Elektro dan Telkomunikasi, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 25-30, mar. 2018. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/elektrotelkomunikasi/article/view/140>. Date accessed: 26 apr. 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.