IMPLEMENTASI HYBRID-BASED RECOMMENDATION DIDALAM SISTEM REKOMENDASI PENCARIAN PEKERJAAN BERBASIS WEB

Andre Hasudungan Lubis, Solly Aryza Lubis

  • Andre Hasudungan Lubis

Abstract

Aktivitas utama yang dilakukan sehari – hari seorang individu untuk mencari uang adalah dengan cara bekerja. Mencari pekerjaan yang sesuai dengan latar belakang pendidikan yang kita tekuni tidaklah mudah. Banyak individu yang tidak mengetahui kemampuan diri mereka sendiri dan keterbatasan informasi lowongan pekerjaan juga menjadi hambatan bagi pelamar yang ingin mencari pekerjaan. Karena itu, diperlukan satu ‘alat bantu’ yang dapat memberi rekomendasi bidang pekerjaan apa yang sesuai dengan belakang pendidikan yang bersangkutan. Metode hybrid approach adalah dengan menggabungkan teknik collaborative-filtering (algoritma decision tree) dan content-based (algoritma nearest neighbor). Algoritma decision tree digunakan untuk pengklasifikasian bidang pekerjaan sedangkan untuk rekomendasi pekerjaan,
digunakan algoritma nearest neighbor. Pada nearest neighbor digunakan rumus similarity untuk  menghitung kedekatan antara pelamar dan lowongan pekerjaan berdasarkan pencocokan bobot san atribut yang ada. Output yang dihasilkan dari sistem ini berupa daftar rekomendasi pekerjaan yg sesuai dengan latar belakang pendidikan pelamar.

Published
2018-03-12
How to Cite
, Andre Hasudungan Lubis. IMPLEMENTASI HYBRID-BASED RECOMMENDATION DIDALAM SISTEM REKOMENDASI PENCARIAN PEKERJAAN BERBASIS WEB. Jurnal Elektro dan Telkomunikasi, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 48-54, mar. 2018. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/elektrotelkomunikasi/article/view/144>. Date accessed: 26 apr. 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.